Laman

Sunday, November 28, 2010

Negara Kenya


Lokasi
Kenya negara republik di Afrika Timur. Sebelah utara berbatasan dengan Ethiopia, selatan dengan Tanzania, timur dengan Somalia, barat dengan Uganda, barat laut dengan Sudan, dan sebelah tenggara dengan Samudera Hindia.

Penduduk
Pada tahun 1974 jumlah penduduk Kenya 12.912.000 jiwa. Jumlah penduduk terus meningkat menjadi 23.727.000 jiwa (1989), yang hampir seluruhnya orang Afrika. Selain itu di negeri ini terdapat 200.00 orang non Afrika. Dari segi bahasa dan kebudayaan, penduduk Kenya terbagi atas empat kelompok, yaitu: Bantu, Nilot, Nilo-Hamit, dan Hamit. Suku-suku pribumi terpenting adalah Kikuyu (Bantu), Luo (Nilot), Luhya, Kamba, Kalenyin, Masai, dan Kisii. Selain itu terdapat pula suku Meru, Mijikenda, dan Kipsigis. Diantara suku-suku tersebut, Kikuyu adalah suku terbesar (20,9%).

Status Politik atau Sejarah
Kenya terbagi atas 8 wilayah pemerintahan daerah, yakni Bagian Tengah, Daerah Pantai, Bagian Timur, Nairobi, Bagian Timur Laut, Nyanza, Bagian Barat, dan Rift Valley. Sejak tahun 1964 Kenya dipimpin oleh pemerintah dengan sistem satu partai, yaitu Persatuan Nasional Afrika Kenya (Kenya African National Union-KANU), yang diketuai Yomo Kenyatta, kecuali dalam waktu yang singkat (1966-1969) ketika kaum oposisi memberontak di bawah pimpinan wakil presiden Oginga Odinga, pemimpin partai Persatuan Rakyat Kenya (Kenya People’s Union-KPU). Sejarah tentang daerah pedalaman Kenya kurang diketahui, sedangkan sejarah wilayah pantai telah memiliki cerita panjang dari masa lalu.

Lingkungan Alam
Kenya terletak di daerah garis khatulistiwa yang memiliki iklim dan tumbuh-tumbuhan sangat bervariasi. Secara geografis negara ini dapat dibagi sebagai berikut: daerah dataran pantai, dataran tinggi dan lembah yang luas, padang rumput sabana dan semak-semak. Daerah pantai beriklim panas dan lembab, daerah tanah tinggi beriklim sedang. Makin jauh ke arah barat terdapat suatu daerah yang beriklim tropis.

Tipe Ekonomi
Sebagian besar penduduk Kenya adalah petani. Pemerintah kenya sedang berusaha untuik meningkatkan produksi pertanian, terutama jenis tanaman untuk ekspor, seperti kopi, teh, sisal, dan piretrum. Peternakan sapi, kambing, domba dan unta kini sedang digalakkan oleh pemerintah untuk mendampingi kooditi ekspor dari sektor pertanian. Kenya termasuk negara penghasil susu di Afrika. Selain itu Kenya memiliki industri pariwisata yang cukup banyak. Keindahan alam, di dukung iklim yang nyaman dan banyak taman suaka binatang liar, sangat potensial untuk menarik perhatian wisatawan asing. Berbagai fasilitas termasuk hotel masih terus dikembangkan di ibukota Nairobi.

Potensi-potensi
Barang tambang Kenya kurang berarti, walaupun serbuk soda dan batu kapur di produksi untuk ekspor. Garam diperoleh dari D. Magadi dan daerah di sepanjang pantai. Sedikit tambang emas dan tembaga terdapat disekitar D. Victoria. Minyak diperoleh dari Lembah Tana.

Permasalahan Utama
Kebebasan berbicara dan kebebasan pers sama sekali dihentikan. Kehidupan politik Kenya sering diwarnai dengan kritikan-kritikan tajam terhadap kebijakan pemerintah, sekalipun kritikan itu datang dari anggota kabinet.

Sumber:
Redaksi Ensiklopedi Indonesia Afrika Seri Geografi. 1990. Afrika. Jakarta. PT Intermasa

Artikel Terkait:
Republik Afrika Selatan
Profil Negara Prancis
Profil Negara Djibouti
Profil Negara Somalia

No comments:

Post a Comment