Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dan Curriculum Vitae

Saat ini, dan tentu pada masa yang akan datang, persaingan dalam memperebutkan kesempatan kerja semakin ketat. Banyaknya lowongan pekerjaan yang mencantumkan berbagai persyaratan membuat kita harus terus memperbarui pengetahuan dan kemampuan agar mampu menembus lowongan kerja tersebut.

Anda bisa bayangkan berapa jumlah lamaran di meja manager HRD pada hari penutupan lowongan. Mungkin cuma puluhan, mungkin juga ratusan. Karena itu, membuat surat lamaran diperlukan seni tersendiri agar yang Anda buat tidak berakhir di tempat sampah. Ada dua hal yang harus diperhatikan di sini. Pertama, surat Anda harus sesuai dengan aturan, ini berkaitan dengan fisik surat, struktur surat, dan tampilan. Kedua, surat Anda harus mempunyai inner beauty, ini berkaitan dengan cara penulisan, pilihan bahasa dan maksud yang ingin disampaikan.

Bagi pelamar pekerjaan atau yang mau pindah tempat pekerjaan, pastinya Anda akan membuat surat lamaran kerja juga. Memang dalam membuat surat lamaran kerja itu gampang, tapi gampang-gampang susah. Walaupun banyak contoh lamaran yang bertebaran, tapi tidak semuanya pas dan bagus buat anda sendiri.

Bahkan seringkali, surat lamaran yang Anda bikin malah jadi tidak menarik dan seolah dibuat-buat tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Kondisi seperti ini kemungkinan yang menjadikan lamaran Anda tidak diterima atau tidak dipanggil di perusahaan itu.

Ada baiknya, sebelum Anda mengirim surat lamaran, Anda harus memerhatikan apakah lowongan tersebut sesuai dengan Anda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan isi yang terdapat dalam surat lamaran yang Anda buat.



Dalam mencari pekerjaan, selain surat lamaran, dokumen lain yang penting untuk disertakan adalah Curriculum Vitae (CV) atau riwayat hidup ringkas. CV merupakan daftar yang memuat informasi lengkap riwayat hidup seseorang dan berfungsi sebagai indikator diri yang meliputi riwayat, pengalaman, bakat-bakat, dan kemampuan. CV juga merupakan salah satu pertimbangan paling penting dan sangat efektif untuk memengaruhi para eksekutif, manager, dan pencari kerja profesional karena CV dianggap oleh beberapa orang sebagai dokumen tertulis paling penting yang dipresentasikan oleh seorang calon karyawan.

0 komentar:

Post a Comment