Potensi Sumber Daya Air di Indonesia


Sumber daya air disamping berguna untuk keperluan kehidupan sehari-hari juga berfungsi untuk membantu berbagai usaha dalam meningkatkan kesejahteraan manusia seperti pertanian, perindustrian pembangkit tenaga listrik dan sebagainya.

Disamping itu dalam air dan didasar laut terdapat sejumlah sumberdaya alam baik yang terbarukan maupun yang tak terbarukan seperti ganggang, ikan, mineral-mineral lepas panti, minyak bumi dan lain-lain. Air selalu bergerak mengikuti sutu duri perputaran dan terbagi secara tidak merata menurut geografi dan musim. Daur atau siklus hidrologi adalah siklus perjalanan air laut menjdi uap dan awan, menjadi air hujan, mengalir didarat dan kembali lagi ke laut.

Disini air menguap karena sinar matahari dan membentuk awan (Katili,1983:36). Inventarisasi kekayaan sumberdaya air menyangkut pengumpulan data jumlah iar, macamnya, kulitnya, lokasinya dan waktu tersedianya sumberdaya tersebut. Untuk file makalah dapat diunduh disini.

Update 28 Mei 2013
Mohon maaf, file makalah ini yang saya simpan di Ziddu.com telah hilang. Saya kurang tahu apakah file tersebut dihapus oleh pihak Ziddu atau oleh pihak lain. Oleh karena itu, atas ketidaknyamanan ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih banyak atas perhatian dan pengertiannya. Salam.

0 komentar:

Post a Comment