Tips Berhenti Merokok


Sudah tidak dipungkiri bahwa merokok adalah salah satu jenis konsumsi yang dapat menyebabkan kecanduan bagi seseorang. Oleh karena itu tidak heran banyak orang (mungkin termasuk Anda) ingin berhenti merokok.

Dan mungkin hal ini selalu menjadi salah satu resolusi penting yang harus dilakukan tiap tahunnya, hmm… Namun sangat disayangkan karena berhenti untuk merokok itu tidak semudah sewaktu awalnya kita mengenal rokok.

Merokok adalah salah satu jenis kegiatan yang sangat susah untuk ditinggalkan terutama bagi orang-orang yang telah kecanduan. Oleh karena itu walaupun orang-orang tersebut telah mengetahui betul bahaya akan rokok tetapi tetap saja susah untuk ditinggalkan!

Banyak pakar yang menyarankan 3 hal penting yang harus dicamkan jika kalau memang kita benar-benar memiliki niat untuk berhnti merokok, yaitu; (1) Memiliki alasan yang benar-benar harus diingat dan kuat kenapa kita harus segera berhenti merokok! (2) Usahakan selalu mencari kesibukan aktivitas yang positif untuk mengurangi dan meminimalisir peluang bersentuhan dengan rokok lagi! (3) Dan memilih lingkungan yang kondusif dan positif yang bebas dari orang-orang yang merokok! (tapi biasanya hal ini sangat susah untuk dilakukan!).

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tips berhenti merokok yang sebaiknya patut dicoba:
Pertama, usahakan agar selalu mengingat alasan utama kenapa kita harus berhenti merokok setiap hari! Jika kita memiliki pikiran dan keinginan untuk merokok maka usahakan untuk bertahan beberapa jam (biasanya hal ini akan sangat sulit dilakukan bagi kita pada waktu awalnya!). Kemudian tidak ada salahnya sebaiknya mencoba untuk memikirkan dampak positif yang kita rasakan beberapa jam lalu saat bebas tidak merokok.

Kedua, penderitaan untuk berhenti merokok akan sedikit lebih lega dan terasa akan lebih ringan jika kita bertukar pikiran atau sharing dengan orang lain seperti teman, pakar-pakar anti rokok, orang yang dicintai dan lain-lain. Nah, makanya usahakan untuk selalu mengkomunikasikan perkembangan dan progress program kita untuk berhenti merokok dengan orang-orang yang kita percayai!

Ketiga, biasanya karena terbiasa merokok, kemudian tiba-tiba kita berhenti merokok maka mulut kita akan terasan asam. Nah untuk meminimalisir dan mengatasinya mungkin dapat memili asupan makanan yang tepat seperti memperbanyak memakan wortel, apel, pir, brokoli dan  buah-buahan yang rasanya manis (Jangan salah loh… selain bermanfaat mengurangi rasa asam dalam mulut, asupan makanan-makanan jenis tersebut juga dapat membuat kulit menjadi lebih mulus  he4x)

Keempat, seperti yang kita ketahu merokok dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Oleh karena itu tidak heran jika perokok memiliki nafas yang pendek (biasanya hal ini akan terlihat jelas jika tubuh diajak lari). Sewaktu menjalankan program berhenti merokok maka sebaiknya juga diimbangi dengan olahraga yang teratur, jika kita termasuk orang yang sibuk mencari uang, maka dapat memanfaatkan keadaan disekitar lingkungan kita untuk berolahraga, missal dengan bersepeda ke kantor, tidak perlu menggunakan lif tapi gunakan saja tangga untuk berolahraga ringan, dan lain-lain. Ingat lakukan olahraga yang teratur akan sangat membantu mempercepat kita membebaskan diri dari rokok

Kelima, jika kita merasa belum sepenuhnya dapat membebaskan diri dari rokok, sebaiknya sebisa mungkin menghindari untuk sementara waktu teman-teman kita jika sedang merokok.

Keenam, kemudian jika memiliki waktu yang memungkinakan tidak ada salahnya mengikuti kelompok atau organisasi yang bertemakan berhenti merokok. Dengan mengikuti organisasi ini maka sangat membantu kita untuk memiliki lingkungan yang kondusif untuk berhenti merokok.

Ketujuh, dan terkahir jika kita sudah yakin 100 percent telah bisa membebaskan diri dari kebiasaan jelek merokok, maka buang jauh-jauh pikiran untuk mencicipi rokok lagi walaupun itu cuma satu batang rokok doang!

Sumber: Marikemari

2 komentar:

BumiKu said...

mantaph om...

Taqorrub Ubaidillah said...

sippppp :)

Post a Comment