Contoh Instrument Penelitian Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa

Dalam penyusunan karya tulis ilmiah, tak lepas dari kegiatan penelitian, baik itu berupa penelitian lapangan maupun laboratorium. Kegiatan penelitian tersebut tentunya menggunakan alat untuk pengambilan data yang diperlukan dalam karya tulis kita. Alat tersebut biasanya disebut instrument penelitian.

Bagi peneliti pemula tak jarang yang masih merasa bingung dengan instrument penelitian, baik itu susunannya maupun substansi yang ada di dalam instrument penelitian itu sendiri. Instrument penelitian pada prinsipnya berasal dari variabel-variabel penelitian yang bersumber dari tujuan yang hendak dicapai dari penelitian itu sendiri. Oleh karena itu, antara tujuan penelitian, variabel penelitian, dan instrument penelitian itu harus sinkron, dalam artian "nyambung" satu sama lain.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit contoh dari instrument penelitian tentang Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa. Instrumen penelitian ini disusun oleh teman saya, Muhammad Haris, yang dulu merupakan partner saya ketika kuliah di Semarang. Untuk mendownload instrument penelitian tersebut, silahkan klik disini.

0 komentar:

Post a Comment