Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Siswa terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun 2009/2010

Muhammad Haris. 2011. Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Siswa terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak dan dalam keluarga ini dapat ditanamkan sikap-sikap yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Keluarga bertanggung jawab menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga yang latar belakang ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang latar belakang ekonominya rendah.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimakah gambaran tentang keadaan ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal, bagaimanakah pengaruhnya latar belakang ekonomi orang tua siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar Geografi dan seberapa besar pengaruh latar belakang ekonomi siswa terhadap prestasi belajar Geografi. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah latar belakang ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar Geografi dan untuk mengetahui besarnya pengaruh latar belakang ekonomi orang tua siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar Geografi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari dari 2 kelas dengan jumlah 67 orang tua siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 67 siswa dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Teknik Random Sampling, Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (latar belakang ekonomi siswa) dan satu variabel terikat (Prestasi belajar geografi). Metode pengambilan data digunakan metode angket dan metode dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui 68,66% responden memiliki latar belakang ekonomi orang tua yang tergolong kurang baik. Pengaruh latar belakang ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring terhadap prestasi belajar geografi sebesar sebesar 40,09%.

Saran yang dapat diberikan yaitu karena adanya hubungan antara latar belakang ekonomi orang tua dengan prestasi belajar anaknya, maka bagi orang tua yang latar belakang ekonominya rendah atau kurang mampu dalam hal ini tingkat pendapatannya agar berusaha untuk meningkatkan pendapatannya dengan mencari pekerjaan tambahan. Bagi siswa yang berprestasi dan orang tuanya kurang mampu diharapkan sekolah dapat memberikan beasiswa atau program orang tua asuh atau orang tua angkat yang bersedia membantu memenuhi biaya pendidikannya.

Kata Kunci: Pengaruh, Latar Belakang Ekonomi, Prestasi Belajar Geografi

Untuk selengkapnya, silahkan download skripsi tersebut disini.

0 komentar:

Post a Comment