Tips Menghilangkan Kemalasan pada Anak

Anak yang rajin belajar dan mempunyai prestasi akademik yang tinggi merupakan harapan dan impian setiap orangtua. Tak heran jika banyak orangtua yang rela mengeluarkan banyak uang untuk biaya privat anaknya dan lain sebagainya. Namun, banyak juga anak yang mempunyai prestasi akademik yang buruk, hal tersebut dikarenakan mereka malas belajar.

Sebenarnya mereka (anak) itu cerdas, namun karena malas belajar, prestasi belajar mereka jelek. Sehingga hal itu sering dikeluhkan banyak orangtua. Sebenarnya ada beberapa hal yang mempengaruhi kemalasan anak dalam belajar, antara lain faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal bisa berupa faktor dari anak itu sendiri, yang mana mereka bisa kelelahan ataupun terlalu asyik dengan game dan hand phone. Sehingga hal itu dapat mempengaruhi keinginan mereka untuk belajar. Selain faktor internal, ada faktor eksternal yang mana bisa berupa pengaruh keluarga, teman, guru, tetangga, dan lingkungan sekitarnya.

Ada banyak cara agar anak semakin rajin belajar. Namun, carilah penyebab anak menjadi malas belajar terlebih dahulu. Barulah setelah itu, anda bisa mencari solusi yang tepat.

Berikut merupakan cara mengatasi kemalasan pada anak sehingga mereka bisa giat dalam belajar, yakni (i) temanilah anak saat mereka belajar dan berkomunikasi  dengan efektif pada anak, (ii) ciptakanlah suasana belajar yang nyaman, (iii) ingatkan anak untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan para guru, (iv) buatlah kesepakatan dengan anak mengenai waktu belajar dan bermain, (v) berikan apresiasi pada anak jika mereka berprestasi atau mampu memperbaiki nilai.

Demikian tips sederhana tentang cara mengatasi kemalasan pada anak yang bisa saya informasikan kepada anda sekalian. Semoga bermanfaat.

Sumber: Kompas 25 Maret 2013

0 komentar:

Post a Comment