Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Mempunyai rambut lebat dan indah merupakan dambaan setiap orang, karena rambut ibarat sebagai mahkota kepala yang eksistensinya dapat memperindah penampilan kita. Terkadang rambut mudah rontok apabila kita sudah mencapai umur tertentu. Hal tersebut tidak jadi masalah. Namun, jika rambut kita sering rontok gara-gara salah memakai sampo atau minyak rambut, itu perlu dihindari dan perlu untuk diobati sesegera mungkin.

Ada beberapa penyebab kenapa rambut mudah rontok, antara lain (i) bisa disebabkan karena serangan penyakit malaria, typus, kencing manis, atau penyakit menahun lainnya, (ii) tekanan jiwa yang berkepanjangan, (iii) karena kandungan gizinya rendah, dan (iv) ibu-ibu habis bersalin.

Oleh karena itu, supaya rambut tidak mudah ronotk, anda dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi, memijat kepala kita dengan teratur, melepas tali rambut pada waktu tidur, dan keramas dengan teratur.

Apabila rambut anda sudah terlanjur rontok, perlu segera untuk diobati. Disini saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mengobati rambut rontok dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan alami.

Pertama, ambillah daun lidah buaya potong dan ambillah getahnya, kemudian kumpulkan getah tersebut. Getah tersebut dapat kita pakai untuk keramas. Lakukan dengan teratur sampai rambut kita lebat dan hitam; Kedua, kemiri yang sudah tua kita tumbuk halus ditambah dengan air, masaklah sampai menghasilkan minyak, pakailah sebagai minyak rambut, kerjakan berulang–ulang 2 atau 3 bulan; Ketiga, untuk menghitamkan rambut sesudah dikeramas dengan bersih, bilaslah sekali lagi dengan air yang dicampur dengan air jeruk nipis, lakukan berulang-ulang akan menghasilkan rambut yang bersih dan hitam

Referensi:
LP3L, 2000, Panduan Khusus Pemanfaatan Tumbuh-tumbuhan Alami untuk Kesehatan dan Pengobatan Alternatif, Lembaga Penelitian Pengembangan Pemberdayaan Lingkungan (LP3L), Jaya Madani – Jawa Tengah

2 komentar:

wahabkhoter said...

Saya pernah mencoba cara yang pertama sewaktu kecil dulu pak, terima kasih informasinya :)

salam guru pantura

Taqorrub Ubaidillah said...

Ok sama-sama pak wahab, makasih sudah berkunjung di blog saya :)

Post a Comment