Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Dewasa ini perkembangan industri dibidang otomotif begitu pesat. Ditambah dengan kondisi ekonomi masyarakat di negeri ini yang kian membaik, menjadikan pengguna kendaraan semakin bertambah. Tak heran jika transportasi di kota-kota besar kian hari kian padat dan menjadikan kemacetan yang berkepanjangan. Tak dapat dipungkiri jika insiden kecelakaan di negeri ini kian hari kian meningkat. Data Kepolisian Republik Indonesia menyebutkan, pada tahun 2012 terjadi 109.038 insiden kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 jiwa. Sedangkan pada tahun 2011, terjadi kecelakaan sebanyak 109.776 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 31.185 jiwa. Ini artinya bahwa intensitas kejadian kecelakaan di negeri ini masih tinggi.

Untuk menyikapi hal tersebut, ada baiknya jika kita mengasuransikan kendaraan kita agar terjamin eksistensinya. Sehingga ketika kita tertimpa musibah seperti kecelakaan lalu lintas, beban kerugian yang akan kita tanggung dapat diminimalisir sekecil mungkin. Namun, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya memilih perusahaan asuransi yang tepat?. Mungkin tips berikut ini dapat memberikan sedikit gambaran tentang kriteria yang musti kita perhatikan dalam memilih perusahaan asuransi.

Pertama, sebaiknya kita jangan hanya terpaku pada tarif premi murah. Namun hendaknya kita lebih memperhatikan pada pelayanan dan keuntungan yang nantinya akan kita peroleh, serta kemudahan dalam klaim.

Kedua, usahakan sebelumnya kita harus mempelajari paket asuransi kendaraan yang ditawarkan, terutama yang menyangkut seberapa banyak skop jaminan. Mengenai luas jaminan ini tentunya kita sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita.

Ketiga, kita perlu memperhatikan jaringan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Hal ini menyangkut kantor cabang, bengkel rekanan dan lain-lain, sehingga begitu ada klaim, kita tidak harus menunggu lama untuk memperbaiki kendaraan atau melaporkan kendaraan yang hilang.

Keempat, kita mungkin bisa menggali informasi terlebih dahulu tentang kemudahan, fasilitas atau nilai tambah apa yang bisa diperoleh bila membeli polis di perusahaan itu. Misalnya, apakah ada mobil derek, mobil pengganti atau hotline service, jasa montir, mobil ambulan dan lain sebagainya. Dan, yang tak kalah penting adalah kemudahan untuk melakukan perubahan-perubahan serta kemudahan dalam bertanya.

Kelima, kita harus mempertimbangkan kredibilitas perusahaan, sebab jangan sampai ketika kita mengklaim malah dipersulit, tidak punya bengkel rekanan, kondisi keuangan parah, dll.

Demikian tips sederhana tentang cara memilih perusahaan asuransi. Semoga tips ini dapat memberikan pemahaman kepada anda ketika akan memilih perusahaan untuk mengasuransikan kendaraan anda.

0 komentar:

Post a Comment