10 Jurusan Terfavorit di Perguruan Tinggi

Setelah siswa lulus dari sekolah menengah atas baik itu dari SMA, MA, atau SMK tentu mereka dihadapkan pada suatu pilihan yang cukup sulit, terutama mereka yang ingin melanjutkan studi pada perguruan tinggi. Pilihan tersebut merupakan opsi yang harus mereka pilih karena menyangkut masa depan yang akan mereka lalui. Tentu dalam memilih program studi tidak boleh asal-asalan. Perlu ada konsultasi terlebih dahulu dengan guru, teman, terutama orang tua yang nantinya akan membiayai selama kuliah. Mungkin ada baiknya orang tua memberikan saran mengenai program studi apa yang hendak diambil oleh anaknya. Karena orang tua memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan anaknya yang baru menginjak umur 18 tahun.

Dalam kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi informasi tentang beberapa program studi yang paling favorit pada tahun 2013 dan tentunya paling banyak diminati oleh kebanyakan siswa setelah mereka lulus dari bangku SLTA. Informasi ini saya peroleh dari media massa Kompas.com yang mana media tersebut memberikan uraian tentang 10 jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh pelajar berdasarkan laporan yang disampaikan oleh QS Top Universities. Berikut merupakan 10 besar program studi yang paling diminati oleh siswa.
Image by Medan Bisnis
Kedokteran
Sudah sejak lama bahwa jurusan kedokteran selalu menduduki peringkat pertama. Karena selain mempunyai prospek yang bagus untuk masa depan, juga jurusan ini cukup bergengsi. Sayangnya saking banyaknya yang berminat dengan jurusan ini, menjadikan persaingan masuk menjadi sangat ketat. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mendaftar pada program studi ini perlu mempersiapkan diri segala sesuatunya.

Terutama yang perlu dipersiapkan adalah kompetensi anda dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Eksak. Karena nantinya selama proses perkuliahan anda akan selalu berhadapan dengan hitung-menghitung dan sejenisnya yang berkaitan dengan ilmu sains. Sehingga apabila anda mempunyai basic ilmu sosial, lebih baik jangan masuk pada jurusan kedokteran, karena butuh penyesuaian yang lama. Selain itu, yang perlu anda persiapkan adalah biaya kuliah. Biaya kuliah untuk jurusan kedokteran relatif mahal karena selalu berkaitan dengan praktek di laboratorium. Dan durasi pelaksanaan studi bisa dibilang cukup lama, yakni setelah anda selesai menempuh kuliah selama 4 tahun, anda harus mengambil program profesi selama kurang-lebih dua tahun.

Ilmu Komputer
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini terbilang cukup pesat, sehingga eksistensi jurusan ilmu komputer menjadi sangat penting. Prospek untuk lulusan dari jurusan ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya banyak berbagai perusahaan yang siap memberikan gaji tinggi untuk lulusan dari jurusan ilmu komputer. Sudah barang tentu untuk masuk ke jurusan ini tidak mudah, terutama pada Perguruan Tinggi yang mempunyai reputasi baik. Oleh karena itu, perlu adanya persiapan yang matang terutama kompetensi eksak.

Hukum
Jurusan hukum kini merupakan jurusan yang cukup bergengsi di mata publik. Pasalnya, banyak job yang tersedia karena adanya permintaan yang tinggi. Untuk masuk ke jurusan ini, perlu adanya kompetensi ilmu sosial yang memadai, karena setelah anda masuk kuliah pasti selalu berhubungan dengan ilmu tersebut. Meskipun jurusan ini hanya ada satu, namun didalamnya terdapat berbagai macam konsentrasi yang harus anda pilih, misalnya seperti Hukum Tata Negara, Keluarga, dan masih banyak lagi.

Ekonomi
Lulusan dari jurusan ekonomi mempunyai peluang yang sangat lebar untuk memperoleh lapangan pekerjaan. Pasalnya banyak berbagai perusahaan kelas menengah ke atas selalu mencari lulusan dari jurusan ini. Mulai dari Bank, PT, dan Perusahaan Ekspor-Impor siap menampung lulusan dari jurusan Ekonomi. Saking banyaknya peluang dan para lulusan, menjadikan persaingan untuk memperoleh pekerjaan menjadi ketat.

Banyak berbagai perguruan tinggi terdapat jurusan ekonomi, baik pada kampus swasta ataupun kampus negeri. Oleh karena itu kesempatan anda untuk bisa masuk di jurusan ekonomi sangat terbuka lebar. Namun, alangkah baiknya apabila anda memilih universitas yang bonafide dan mempunyai akreditasi tinggi.

Teknik Mesin
Jurusan ini banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini. Lulusan dari jurusan Teknik mesin mempunyai prospek yang cukup bagus dan lowongan pekerjaan terbeka lebar. Banyak berbagai perusahaan di bidang otomotif selalu mencari sarjana dari jurusan ini. Coba saja anda lihat di surat kabar pada kolom Lowongan Kerja. Pasti lowongan kerja untuk teknik mesin selalu ada baik di perusahaan lokal maupun perusahaan skala nasional.

Kalaupun tidak bisa masuk bekerja pada perusahaan, lulusan teknik mesin bisa mendirikan perusahaan sendiri, atau istilahnya berwirausaha dalam bidang otomotif. Dengan kemampuan otomotif yang mereka miliki, untuk membuka bengkel reparasi/dealer baik skala kecil ataupun besar tidaklah sulit.

Psikologi
Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan psikologi. Jurusan ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan psikologi sebagai pendidikan lanjutan. Jurusan ini bisa dikatakan jurusan yang mempunyai prospek yang cukup bagus, karena hampir disetiap instansi maupun perusahaan bisa menampung lulusan dari jurusan psikologi. Misalnya di sekolah SD, SMP, atau SMA, kini jurusan psikologi bisa masuk untuk mengisi posisi sebagai tenaga pendidik untuk bidang Bimbingan Konseling (BK).

Di perusahaan juga jurusan ini mempunyai peluang yang sangat lebar, terutama untuk posisi Human Resources Development (HRD) yakni bagian yang menangani setiap calon pelamar pekerjaan. Di instansi pemerintahan juga tidak jauh berbeda, yakni mempunyai peluang yang sangat lebar. Tak heran apabila jurusan ini banyak diminati oleh lulusan SLTA, terutama perempuan.

Teknik Elektro
Untuk bidang teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Selain itu, banyak perusahaan yang menawarkan peluang pekerjaan untuk jurusan ini. Sehingga para lulusan teknik elektro tidak perlu khawatir lagi dalam mencari pekerjaan, baik itu perusahaan pemerintah ataupun perusahaan swasta. Semuanya siap menampung lulusan dari tenik elektro.

Matematika
Jurusan selanjutnya adalah matematika. Meski ilmu ini adalah ilmu dasar, permintaan akan ahli matematika tetap saja tinggi. Pasalnya, ahli matematika saat ini memiliki lahan kerja yang sangat luas dibandingkan jurusan lain. Di bidang pendidikan, lulusan matematika mempunyai peluang kerja yang tinggi. Banyak berbagai lembaga kursus yang siap menampung lulusan dari jurusan matematika. Karena setelah diberlakukan sistem ujian secara nasional di negeri ini dan salah satu mata pelajaran yang di ujikan adalah matematika, banyak siswa yang les privat untuk menunjang kompetensi mata pelajaran matematika.

Fisika
Tidak berbeda jauh dengan jurusan matematika, jurusan fisika juga banyak diminati. Uniknya, minat di jurusan fisika ini meningkat karena banyaknya film bertema science seperti The Big Bang Theory membuat anak-anak muda berubah pikiran bahwa menjadi ilmuwan ternyata keren. Selain itu, lulusan jurusan fisika juga mempunyai prospek yang cukup bagus, karena banyaknya permintaan terhadap les privat dan untuk tenaga pendidik.

Geografi
Jurusan yang terakhir ini baru-baru saja banyak diminati yaitu jurusan geografi. Mempelajari ilmu ini banyak dibilang orang membosankan tapi karena banyaknya permintaan terhadap ahli geografi maka jurusan ini menjadi satu yang diminati. Saya juga heran kenapa jurusan Geografi banyak diminati. Padahal menurut pengamatan teman-teman, jurusan ini tidak mempunyai prospek yang jelas. Tapi itu kan menurut pandangan teman-teman, belum tahu pasti realitanya seperti apa. Saya sebagai mahasiswa Geografi agak sedikit bangga dan agak sedikit heran, ternyata jurusan saya cukup favorit meski menduduki peringkat nomor 10.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang 10 Jurusan paling diminati oleh siswa-siswa lulusan SLTA. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Atas atensinya saya sampaikan ucapan terimakasih.

Sumber: disarikan dari Kompas

7 komentar:

Harun Ar said...

menjadi favorit dan diminati karena masih banyak dibutuhkan ya Mas...........

Taqorrub Ubaidillah said...

Betul itu pak. Karena kebanyakan calon mahasiswa mencari/memilih jurusan yang mempunyai prospek bagus ke depanya.
:)

Yoyo Apriyanto said...

Kalau di Mataram NTB, lulusan S1 Komputer paling langka, dan sangat dibutuhkan

Yoyo Apriyanto said...

Ditunggu kunjungan baliknya di: http://ilmu-matematika.blogspot.com/

Taqorrub Ubaidillah said...

iya pak mungkin karena disana jarang lulusan komputer sehingga sangat dibutuhkan :)
terimakasih :)

Arif Roziqin said...

3 Jurusan Prospektif dari segi peluang dan salary, dengan pertimbangan :
1. Jurusan hanya ada di beberapa PT di Indonesia.
2. Output masih langka, tetapi peluang lapangan pekerjaan sangat besar baik sektor negeri (PNS Kementrian ESDM, Dinas Energi Kabupaten dan Provinsi, Dinas dan Kementrian PU, dll, maupun sektor swasta Perusahaan Mining dan Petroleum Nasional baik hulu dan hilir).
3. Kalo mau sabar dikit bisa kuliah lagi ambil program master syukur2 langsung Doktor..., kalo ga capek kuliah,heeee...., trus bisa daftar jadi dosen, PT masih belum banyak yang punya prodi ini.

Oke lah prodi yang saya maksud, menurut pengamatan dan info-info dari beberapa orang yang berpengalaman ada 3, yaitu:
1. Teknik Perminyakan
2. Teknik Geologi
3. Teknik Geofisika

Mudah2 an bisa bermanfaat bagi yang masih bingung menentukan jurusannya atau sebagai referensi buat adik- adik dan saudaranya.

Taqorrub Ubaidillah said...

Terimakasih Saudara Arif Roziqin sudah memberikan tambahan yang sangat luar biasa terkait dengan Program Studi atau Jurusan Kuliah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua :)

Post a Comment