Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Tumbuhan Alami

Sakit kepala biasanya tidak berdiri sendiri, dalam artian ada beberapa hal yang terkait dengan sakit kepala itu sendiri. Sakit kepala atau yang sering disebut pusing bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut: (i) karena faktor kelelahan, (ii) karena masalah yang dihadapi terlalu berat, sehingga ada ketegangan, dan (iii) karena kurang tidur, masuk angin, kepenatan mata, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Untuk merawatnya bisa dilakukan dengan cara (i) istirahat yang cukup dan tidur yang teratur, (ii) kamar atau rumah hendaknya mendukung, dalam artian bersih, serasi, dan terdapat udara yang segar, (iii) rendamlah kaki dengan air hangat untuk beberapa saat.
Selain itu, untuk mengobati sakit kepala ada beberapa cara. Tentunya sesuai judul artikel ini, yakni dalam pengobatan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan alami.

Pengobatan yang pertama:
(i) Sediakan satu jeruk nipis dan beberapa helai daunnya. Kemudian ditumbuk halus dan ditambah dengan minyak kelapa secukupnya untuk menggosok leher atau pelipis.
(ii) Sediakan beberapa batang kangkung dengan daunnya. Kemudian bersihkan dan masukkan ke dalam air yang mendidih beberapa saat. Jangan sampai terlalu masak. Kemudian batang kangkung tersebut digunakan sebagai lalapan saat sarapan di pagi hari dan di sore hari. Silahkan lakukan dua atau tiga hari berturut-turut, biasanya akan menjadi lebih baik.
(iii) Ambillah setengah gelas air teh yang agak kental. Kemudian ditambah dengan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok makan madu yang murni. Silahkan disedu dan diminum saat pagi dan sore hari.

Pengobatan yang kedua:
(i) Sediakan kunir secukupnya
(ii) Sediakan gula jawa dan garam sedikit
(iii) Silahkan kunir tersebut diparut dan disaring, kemudian direbus sampai mendidih ditambah dengan gula jawa dan garam sedikit saja. Silahkan diminum dua atau tiga kali sehari semalam.

Anjuran:
- Istirahatlah yang cukup
- Makanlah makanan yang bergizi
- Hindarilah beban pikiran yang berat

Referensi:
LP3L, 2000, Panduan Khusus Pemanfaatan Tumbuh-tumbuhan Alami untuk Kesehatan dan Pengobatan Alternatif, Lembaga Penelitian Pengembangan Pemberdayaan Lingkungan (LP3L), Jaya Madani – Jawa Tengah

0 komentar:

Post a Comment