Tiga Daerah Penghasil Minyak Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya raya akan sumberdaya alamnya. Tak heran jika berbagai investor dari luar negeri selalu membanjiri tanah air untuk mengeksplorasi sumberdaya alam yang terkandung di bumi Indonesia. Salah satu sumberdaya alam yang cukup besar dan memberikan kontribusi yang riil bagi perekonomian Indonesia adalah potensi minyak bumi. Potensi minyak bumi yang ada di nusantara ini terbilang cukup besar dibandingkan dengan potensi minyak bumi yang ada di negara-negara Asia Tenggara.

Oleh karena itu, negara Indonesia eksistensinya cukup dipandang dikancah regional yakni di negara-negara tetangga. Namun demikian, tidak semua daerah mempunyai potensi minyak bumi yang melimpah. Hanya ada tiga daerah yang mempunyai potensi minyak bumi yang besar dan mungkin terbesar di Indonesia. Berikut merupakan daerah-daerah yang menyimpan kekayaan alam tersebut.

Provinsi Riau
Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar nomor wahid di Indonesia. Setiap harinya daerah tersebut mampu menghasilkan minyak mentah sekitar 350.000 barrel. Di daerah tersebut, terdapat 6 blok yang dijadikan tempat eksplorasi minyak mentah, antara lain di Rokan, Siak Block, Selat Panjang, Mountain Front Kuantan, Coastal Plains dan Pekan Baru, serta Selat Malaka.

Perusahaan yang mengeksplorasi minyak bumi di enam blok tersebut antara lain Pertamina, Petroselat, dan Chevron. Blok Rokan yang terdapat di daerah Duri merupakan ladang minyak yang berukuran sangat besar. Selain di daerah Duri, daerah Minas juga menyimpan minyak bumi dengan kualitas yang paling bagus di tanah air. Hal tersebut dikarenakan kandungan minyak yang ada di daerah Minas memiliki nilai kekentalan yang baik dibandingkan di daerah yang lain.

Provinsi Kalimantan Timur
Provinsi Kalimantan Timur merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar ke dua di Indonesia. Di daerah ini terdapat empat blok penghasil minyak bumi, antara lain Blok Sanga-Sanga, Kutai, Mamburungan, dan Mahakam. Provinsi ini mampu menghasilkan minyak bumi sebesar 134.000 barrel setiap harinya.

Daerah ini juga dikenal sebagai daerah penghasil kondensat terbesar di Indonesia, yakni mampu menghasilkan kondensat 74.295 barrel perhari. Blok Mahakam merupakan blok yang dioperasikan untuk mengeksplorasi kondensat oleh Perusahaan Total. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang juga mengeksplorasi minyak di provinsi tersebut, antara lain Perusahaan Medco, Vico, dan Cevron.

Laut Jawa
Laut Jawa merupakan daerah penghasil minyak bumi terbesar ketiga di Indonesia. Blok-blok eksplorasi minyak di Laut Jawa membentang dari Sumatera bagian tenggara hingga daerah Jawa Barat. Blok-blok tersebut antara lain Blok A Offshore dan South East Sumatera Block, yang mana dikelola oleh Pertamina, British Petroleum, dan Cnooc S.E.S. Jumlah minyak bumi yang dihasilkan oleh kedua blok tersebut yakni sebesar 65.154 barrel perhari, yakni 62.130 barrel minyak mentah dan 3.024 barrel kondensat.

Demikian informasi tentang tiga daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.

Sumber: Kompas 14/05/2013

4 komentar:

Harun Ar said...

Terutama di Riau Mas.... di darat dan di laut banyak minyak
Di laut & dlm perut bumi minyak bumi di darat minyak sawit

zunif.com said...

Indonesia benar-benar kaya ya pak sumberdaya alamnya :)

Anonymous said...

Indonesia sebenarnya memang negara kaya akan sumberdayanya, khususnya sumberdaya alam, tapi sayang terkadang justru dimanfaatkan oleh oknum2 tertentu.....

zunif.com said...

dibutuhkan adanya kesadaran yang tinggi pak untuk mengelola sumberdaya alam yang arif dan bijaksana :)

Post a Comment