Tips Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris kini masih menjadi misteri bagi sebagian orang. Banyak orang berpendapat bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit dipelajari karena berbeda antara tulisan dan pengucapan. Tentu, statement itu lumrah adanya karena kita sudah terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dalam sehari-hari. Namun, kompetensi Bahasa Inggris ternyata penting untuk dimiliki. Kok bisa? karena Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) baik untuk tingkat sekolah dasar maupun menengah. Selain itu, kompetensi Bahasa Inggris juga menjadi syarat untuk masuk ke perguruan tinggi dan juga untuk syarat terjun ke dunia kerja.

Meskipun kita sudah belajar Bahasa Inggris dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, tapi masih tetap saja kita belum bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Kenapa Bahasa Inggris itu sulit? Itulah pertanyaan yang harus kita jawab dan untuk kita coba mencari solusinya. Menurut penulis, belajar Bahasa Inggris butuh waktu yang tidak sedikit. Butuh adanya adaptasi untuk menyesuaikan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Kuncinya disini adalah anda harus paham betul Bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru kemudian anda baru belajar Bahasa Inggris.
Bahasa Inggris
Image by www.bahasa-inggris.net
Ada beragam komponen yang harus dipelajari dalam Bahasa Inggris. Masing-masing komponen harus dipelajari secara terpisah. Ini sama persis ketika anda kuliah pada Program Studi Bahasa Inggris. Disana Bahasa Inggris dipelajari secara terpisah, yakni ada mata kuliah Tata Bahasa (Grammar), Kosa Kata (Vocabulary), Menulis (Writing), Menerjemahkan (Translation), Membaca (Reading), Berbicara (Speaking), Pengucapan (Pronounciation), Mendengarkan (Listening), Percakapan (Conversation) dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan kali ini penulis ingin memberikan Tips Belajar Bahasa Inggris berdasarkan komponen-komponen yang disebutkan diatas. Berikut adalah uraiannya.

Belajar Grammar
Aspek yang paling mendasar dan sangat penting untuk belajar Bahasa Inggris adalah tata bahasa (grammar). Tata Bahasa Inggris berbeda dengan Tata Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Inggris ada perubahan bentuk kata kerja (verb), sedangkan dalam Bahasa Indonesia tidak ada. Dan sulitnya lagi kata kerja dalam Bahasa Inggris itu ada yang teratur (regular verb) dan ada yang tidak teratur (irregular verb).

Perubahan kata kerja dipengaruhi oleh waktu yakni apakah sekarang (present), kemarin (past), ataukah besok (future). Kapan penggunaan verb 1? kapan penggunaan verb 3? dan lain sebagainya itu tergantung waktu yang digunakan. Dalam grammar, anda akan belajar tentang jenis kata, frase (phrase), kalimat (sentence), klausa (clause), dan lain sebagainya.

Dalam belajar grammar, paling-tidak anda bisa menyusun kalimat saja dalam Bahasa Inggris itu sudah bagus, yakni kalimat sederhana yang meliputi kalimat positif, negatif, tanya, dan perintah. Ini sebagai bekal anda untuk belajar lebih lanjut tentang speaking dan conversation. Namun, untuk skill menulis (writing) dan untuk menghadapi tes TOEFL itu masih belum cukup. Anda harus memperdalam lagi tentang grammar pada tingkat advanced.

Belajar Vocabulary
Anda paham grammar saja tidak cukup tanpa hafal kosa kata Bahasa Inggris. Bagaimana mungkin anda bisa menyusun sebuah kalimat apabila anda tidak hafal vocab-nya. Oleh karena itu, anda harus menghafal vocab Bahasa Inggris terlebih dahulu meskipun itu dilakukan sedikit demi sedikit. Bagaimana cara menghafalnya? Cara menghafal vocab itu tergantung anda masing-masing, karena metode menghafal yang dipakai setiap orang itu berbeda.

Anda bisa menghafal satu demi satu vocab juga bisa. Anda belajar menghafal dengan cara menerjemahkan kalimat Bahasa Inggris juga bisa. Itu semua tergantung anda bagaimana cara menghafal dengan mudah. Saya menyarankan untuk menghafal dengan cara menerjemahkan kalimat dalam Bahasa Inggris. Dari situ anda nanti akan membuka kamus Bahasa Inggris.

Belajar Writing
Setelah anda paham grammar dan juga hafal kosa kata Bahasa Inggris, anda harus belajar menulis (writing). Untuk belajar menulis Bahasa Inggris secara baik dan benar (perfect) itu sangatlah sulit. Paling-tidak tulisan anda mendekati benar itu saja sudah bagus, misalnya 90% benar.

Anda bisa memulai belajar menulis secara mandiri atau mungkin didampingi teman yang sudah pandai menulis Bahasa Inggris. Untuk memperoleh hasil yang optimal, tulisan anda hendaknya dikoreksi oleh teman. Dengan begitu anda akan tahu salahnya dimana? dan aspek apa yang harus diperbaiki?.

Mungkin ada baiknya apabila anda berlatih menulis Bahasa Inggris dan kemudian mengirimnya ke surat kabar yang menggunakan Bahasa Inggris seperti The Jakarta Post. Bila tulisan anda dimuat, itu artinya tulisan anda sudah bagus. Mungkin tulisan saya bisa anda lihat disini. Itu hanya sebagai contoh saja. Saya tidak pamer tapi hanya ingin memperlihatkan saja kepada anda supaya anda bisa termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris lebih serius.

Belajar Translation
Skill menerjemahkan juga penting untuk anda pelajari. Ini bisa anda pelajari secara mandiri dirumah. Anda bisa menerjemahkan tulisan Bahasa Inggris yang sesuai minat dan bakat anda masing-masing. Usahakan dalam belajar menerjemahkan itu pada tulisan yang mudah-mudah terlebih dahulu. Baru kemudian anda bisa mencoba menerjemahkan tulisan yang sulit.

Tentu, anda harus belajar menerjemahkan secara manual. Anda harus selalu siap sedia kamus Bahasa Inggris. Saya anjurkan anda menggunakan kamus standar. Jangan menggunakan kamus satu juta atau satu milyar. Gunakanlah kamus Bahasa Inggris karya John M. Echol dan Hasan Sadili. Silahkan berlatih menerjemahkan sedikit demi sedikit. Dari satu kata hingga merangkai menjadi satu kalimat yang bisa dibaca dan dipahami dengan mudah oleh anda.

Belajar Reading
Apabila anda sudah pandai menerjemahkan, anda harus membiasakan diri untuk membaca buku teks atau tulisan Bahasa Inggris tanpa kamus. Perlu latihan yang intensif untuk membaca tulisan Bahasa Inggris. Anda juga harus selalu siap sedia kamus ketika sedang membaca. Bila ada kata yang tidak tahu artinya, anda langsung bisa membuka kamus tersebut untuk mencari artinya.

Belajar Speaking
Skill ini penting untuk anda miliki. Kemampuan berbicara adalah kemampuan Bahasa Inggris aktif. Ini biasanya berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri (PD). Untuk berbicara Bahasa Inggris kuncinya adalah PD. Jangan takut salah dan jangan takut ditertawakan orang lain. Orang yang menertawakan anda, itu belum tentu mereka bisa berbicara Bahasa Inggris.

Untuk berlatih speaking, anda diharapkan sudah paham grammar dan sudah hafal kosa kata. Sehingga speaking anda bisa terstruktur dan teratur, dan juga bisa dipahami. Tidak asal-asalan.

Belajar Pronounciation
Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa Bahasa Inggris mempunyai perbedaan antara tulisan dengan pengucapan. Anda hafal vocab saja itu belum cukup. Tapi anda harus hafal vocab dan juga bisa mengucapkannya, serta tahu maknanya. Sulit ya? oleh karena itu anda harus latihan secara serius apabila anda ingin pintar Berbahasa Inggris.

Skill ini sangat penting untuk anda kuasai. Karena dengan mempunyai skill ini, anda bisa luwes berbicara dalam Bahasa Inggris. Anda bisa berlatih pronounciation dirumah secara mandiri. Itu bisa dilakukan dengan mengucapkan satu kata ataupun juga bisa berlatih dengan mengucapkan satu kalimat. Meskipun logat anda masih ke-Indonesia-an dalam berbicara Bahasa Inggris, itu tidak menjadi masalah. Asalkan pronounciation-nya itu benar sesuai dengan pengucapan Bahasa Inggris.

Belajar Listening
Skill Bahasa Inggris yang juga penting adalah mendengarkan (listening). Meskipun skill ini terlihat sepele, tapi penting untuk anda miliki. Bagaimana jika anda mendengarkan bule ngomong? kira-kira anda paham nggak? Bisa dipastikan sulit untuk dipahami, karena bule kalau berbicara sangat cepat dan logat yang digunakan asli logat Bahasa Inggris.

Anda bisa berlatih listening secara mandiri dengan cara mendengarkan musik yang Berbahasa Inggris. Bisa juga dengan cara menonton film yang menggunakan Bahasa Inggris. Lakukanlah secara intensif hal-hal tersebut sampai anda benar-benar paham ketika ada orang bule berbicara Bahasa Inggris, anda bisa tahu maksudnya.

Belajar Conversation
Tips belajar Bahasa Inggris yang terakhir adalah anda harus berlatih bercakap-cakap (ngobrol) dengan orang lain dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hilangkan rasa malu anda. Tingkatkan rasa percaya diri anda. Itu adalah kunci apabila anda ingin bisa bercakap-cakap (conversation). Anda bisa berlatih dengan teman anda. Ngobrol seputar keseharian anda atau mungkin tentang hobby anda. Yang ringan-ringan saja terlebih dahulu untuk proses latihan. Apabila anda sudah lancar, baru kemudian anda bisa mencoba uji nyali bercakap-cakap dengan bule.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tips Belajar Bahasa Inggris. Semoga dapat bermanfaat.

8 komentar:

Herdoni Wahyono said...

Kemampuan berbahasa Inggris penting dimiliki utamanya bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia di era global ini. Sayang sekali keberadaan rintisan sekolah bertaraf internasional 'dihapus' beberapa waktu lalu. Anak didik didorong orang tua harus pro aktif mengikuti kursus privat bahasa Inggris sejak dini bila ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris ini. Salut dengan kebijakan perguruan tinggi ternama yang mengharuskan alumninya telah memiliki nilai TOEFL sekian ketika diwisuda. Terima kasih sharingnya yang menarik membuka wawasan kita bagaimana belajar bahasa Inggris. Salam cemerlang.

Taqorrub Ubaidillah said...

Tentu, kompetensi Bahasa Inggris memang penting karena selalu dibutuhkan disetiap jenjang pendidikan dan juga ketika akan meniti karir.

Kalau menurut saya eksistensi sekolah RSBI memang tepat untuk dihapus pak karena selain kurang efektif juga banyak disalahgunakan oleh para oknum untuk meraup penghasilan dan memperkaya diri sendiri.

Untuk menunjang kompetensi Bahasa Inggris yang paling tepat adalah dengan cara kursus pak. Dengan begitu mereka (siswa dan mahasiswa) bisa belajar Bahasa Inggris lebih fokus. Saya menyarankan untuk belajar di Kampung Inggris Pare, Kediri. Karena disitu belajarnya lebih efektif dan efisien.

Terimakasih banyak pak herdoni sudah mau berdiskusi. :)

Heri Gipzy said...

saya malah gaptek sama bhs inggris gan... ngandelin translator apps.,

Taqorrub Ubaidillah said...

Tidak apa-apa pak, masih ada banyak waktu untuk belajar Bahasa Inggris. Mungkin anda bisa kursus di lembaga kursus terdekat atau mungkin bisa kursus di Kampung Inggris Pare. Disana banyak tempat kursus dan peserta kursus dari berbagai umur.

Saya kira software translator kurang begitu efektif untuk menerjemahkan atau menulis Bahasa Inggris. Bisa dipastikan hasilnya akan banyak yang salah yakni tidak sesuai dengan Grammar Bahasa Inggris.

Satu hal yang menurut saya penting adalah kita tidak mungkin akan menggantungkan diri secara terus-menerus kepada teknologi tersebut. Bagaimana jika komputer mati? bagaimana jika software tersebut tidak berfungsi? dan bagaimana-bagaimana yang lain?

Oleh karena itu, belajar menjadi penting pak.
Terimakasih banyak pak sudah berkunjung di blog saya. Salam :)

Update Campuran said...

saya juga susah untuk belajar bahasa inggris :(

Taqorrub Ubaidillah said...

Mas Update Campuran, memang Bahasa Inggris lumayan sulit mas. Kita tidak bisa belajar secara autodidak. Kita harus kursus karena kita bukan mahasiswa jurusan Bahasa Inggris :D

Makasih dah mampir di blog saya :)

jumarno said...

Ya mas ... background saya b.inggris , klo grammar mungkin bisa kita kuasai dalam waktu relatif singkat tapi klo vocabulary kita harus terus memperkaya sendiri.. never ending learning...

Aidil Cakep said...

#Jumarno, thanks gan atas tambahannya :)

Post a Comment