Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi begitu pesat. Perkembangan tersebut telah berpengaruh ke berbagai lini, baik dalam bidang sosial, politik, pendidikan dan lain sebagainya. Tentu, teknologi yang berkembang begitu pesat tersebut merupakan buah hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan. Karena pada prinsipnya ilmu pengetahuan bersifat dinamis, yang mana selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut tentunya telah banyak memberikan kemudahan bagi manusia dalam kehidupannya. Tak heran jika pola kehidupan masyarakat saat ini berbeda dengan pola kehidupan masyarakat jaman dulu. Dahulu kita tahu bahwa untuk mengirim surat untuk orang yang berada di daerah yang jauh, kita harus mengirimnya melalui jasa pos dan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ditempat tujuan. Namun, saat ini dengan adanya surat elektronik (surel) di internet, sistem pengiriman menjadi lebih cepat dan mudah.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan kita. Tentunya, pembahasan tersebut saya bagi ke dalam dampak positif dan negatif, dengan tujuan agar lebih informatif dan mudah untuk dipahami.

Dampak Positif
Banyak berbagai teknologi modern memberikan manfaat dalam kehidupan kita. Dengan adanya teknologi tersebut, hidup kita menjadi mudah. Hubungan dengan teman, keluarga, dan tetangga menjadi lebih mudah dan cepat dengan adanya internet, melalui media sosial. Dalam bidang transportasi juga memberikan kemudahan bagi kita yang mana perjalanan menuju ke tempat tujuan menjadi lebih cepat dan mudah dengan adanya mobil, kereta api, dan pesawat terbang.

Dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi juga mempunyai peran penting. Misalnya buku pelajaran sekolah saat ini sudah berkembang begitu pesat dengan adanya E-Book atau buku elektronik. Selain itu, dengan adanya proyektor dan komputer, proses pembelajaran menjadi semakin maju dan menarik. Dan tentunya masih banyak lagi dampak positif teknologi informasi bagi kehidupan kita.

Dampak Negatif
Selain mempunyai dampak positif, perkembangan teknologi juga mempunyai dampak negatif bagi kehidupan kita. Misalnya dalam bidang sosial, nilai-nilai sosial menjadi semakin luntur dalam tataran kehidupan. Hal tersebut disebabkan karena kita belum bisa menyikapi perkembangan teknologi tersebut dengan arif dan bijaksana. Misalnya, anak-anak jaman sekarang lebih asyik ngobrol dengan teman melalui hand phone, chating, facebook, dan lain sebagainya dibanding dengan ngobrol dengan tatap muka.

Selain itu, hidup kita menjadi tergantung dengan adanya teknologi. Padahal teknologi diciptakan untuk mempermudah kelangsungan hidup kita, bukan diciptakan untuk menjadikan sikap ketergantungan. Pada prinsipnya teknologi hanya sebagai alat bantu bagi kita. Oleh karena itu, mindset kita perlu untuk dirubah.

Dampak yang bisa dibilang cukup parah yakni terdapat dalam pendidikan. Dengan adanya internet, menjadikan siswa/mahasiswa menjadi malas. Mereka lebih senang memanfaatkan internet untuk mencari sumber bacaan dibanding dengan buku teks, misalnya dalam mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Pada akhirnya budaya plagiasi tidak dapat dihindari. Dan tentunya masih banyak lagi dampak negatif teknologi bagi kehidupan kita.

Demikian sedikit uraian saya tentang dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bagi kehidupan kita. Semoga dari uraian sederhana ini dapat memberikan sedikit pemahaman tentang dampak perkembangan teknologi, dengan tujuan agar kita bisa introspeksi diri untuk menyikapi perkembangan tersebut dengan arif dan bijaksana. Pola pikir kita boleh maju, namun sikap dan budaya tetap lokal, itu saja pesan saya.

0 komentar:

Post a Comment