Profil Negara Bahrain

Kondisi Geografis dan Penduduk
Nama Resmi Negara adalah Negara Bahrain. Negara ini terletak di Kawasan Timur Tengah, kepulauan di Teluk Persia, sebelah timur dari Saudi Arabia. Luas wilayah Negara Bahrain sebesar 267 mil persegi atau 692 kilometer persegi, dengan kondisi iklim panas dan sangat panas.

Titik tertinggi di Negara Bahrain terdapat di daerah Jabal ad Dukhan yakni mencapai 440 kaki atau 134 meter diatas permukaan air laut. Sedangkan titik terendah terdapat di daerah Teluk Persia yakni 0 meter diatas permukaan air laut.

Ibukota Negara Bahrain adalah Kota Manama. Adapun jumlah penduduk yang ada di negara ini pada tahun 2002 yakni sebesar 700.000 jiwa. Bahasa resmi negara adalah Bahasa Arab, sedangkan bahasa utama yang lain adalah Bahasa Inggris, Bahasa Persia, dan Bahasa Urdu.

Adapun kelompok etnis yang ada di Negara Bahrain adalah Bahrain 63 persen, Asia 19 persen, Arab 10 persen, dan Iran 8 persen. Tingkat melek huruf masyarakat di negara ini sekitar 85%. Adapun agama yang ada di negara ini adalah agama islam meliputi Muslim Syiah 75 persen dan Muslim Sunni 25 persen. Rata-rata usia harapan hidup yakni mencapai 72 tahun.

Ekonomi
Sumber Daya Alam yang terdapat di Negara Bahrain adalah minyak bumi, gas alam asosiasi dan non-asosiasi, dan ikan. Adapun penggunaan lahan di negara ini meliputi: 1% lahan yang dapat digarap, 1% tanaman permanen, 6% padang rumput permanen, 0% hutan, 92% gurun pasir, dan 10 kilometer persegi lahan irigasi (estimasi tahun 1993).

Adapun komoditas impor utama di Negara Bahrain adalah minyak mentah, mesin, peralatan transportasi, dan makanan, sedangkan komoditas ekspor utamanya adalah minyak mentah, produk minyak sulingan, dan aluminium. Adapun tujuan perdagangan utama meliputi Negara Arab Saudi, India, Amerika Serikat, Negara Jepang, dan Uni Emirat Arab. Produk pertanian di negara ini meliputi telur, sayuran, kurma, susu, dan unggas. Mata Uang di negara ini bernama Dinar Bahraini.

Sistem Pemerintahan
Bentuk pemerintah di Negara Bahrain adalah kerajaan tradisional. Sistem legislatif berupa sistem kabinet eksekutif karena eksistensi partai politik tidak diizinkan di negara ini. Kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri Khalifa bin Salman Al-Khalifa dan Kepala Negara dipegang oleh Amir Hamad bin Isa Al-Khalifa (sejak 5 Maret 1999).

Kabinet di Negara Bahrain diangkat langsung oleh raja. Pemilihan umum (pemilu) di negara ini tidak ada. Sistem monarki (kerajaan) berdasarkan keturunan, dan perdana menteri ditunjuk langsung oleh raja.

Referensi:
Gillespie C.A., 2002, Modern World Nations-Bahrain, New York, Chealse House Publishers

Artikel Terkait:
Profil Negara Ethiopia
Profil Negara Afghanistan
Profil Negara Austria
Profil Negara Bangladesh

0 komentar:

Post a Comment