Macam-macam Media Sosial di Internet

Dewasa ini perkembangan media sosial atau jejaring sosial di internet semakin pesat. Dahulu kita tahu bahwa kita pernah merasakan betapa sulitnya untuk berinteraksi dengan teman yang berada di tempat yang jauh. Namun, seiring berjalannya waktu. Munculah berbagai kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Sebenarnya lahirnya media sosial di internet sudah sejak lama, namun baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000-an. Saya pun mulai bergabung di media sosial pada akhir tahun 2009, yakni saat booming-booming nya media sosial Facebook. Sebenarnya saya juga sudah mulai mengenal internet sejak tahun 2006, namun karena saya kurang begitu tertarik dengan internet, saya jarang berselancar di media tersebut.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi mengenai macam-macam media sosial di internet. Mungkin bagi para master, informasi ini sudah terbilang basi. Namun, hal itu berbanding terbalik bagi para teman-teman yang belum mengerti sama sekali tentang media sosial sosial di internet. Berikut merupakan beberapa media sosial yang saya tahu.

Facebook
Media sosial ini bisa dibilang sudah menjadi media favorit bagi kaum-kaum muda seperti saya. Tak hanya itu, bapak-bapak maupun ibuk-ibuk juga banyak yang sudah mempunyai akun Facebook. Madia sosial ini sangat efektif untuk berbagi informasi, curhat, maupun ngobrol-ngobrol ringan seputar kuliah maupun sekolah. Media sosial ini banyak memberikan kontribusi tersendiri bagi saya, yakni saya bisa bertemu kembali dengan teman-teman lama saya di SD, SMP, dan SMA. Saya suka menggunakan akun Facebook karena dari segi privasi itu terjamin.

Twitter
Media sosial ini lahir setelah Facebook. Meskipun Twitter bisa dibilang masih baru, namun sudah menjadi primadona bagi para artis di Indonesia. Tak heran jika para artis lebih suka menggunakan media sosial Twitter dibandingkan dengan menggunakan media sosial Facebook. Namun, bagi saya, saya belum memahami betul media sosial Twitter ini. Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI, juga baru saja bergabung di media sosial Twitter. Mudah-mudahan media sosial ini bisa memberikan kontribusi yang riil bagi kehidupan sekitar kita.

Google Plus
Media sosial ini baru lahir, namun sudah banyak yang menggunakan media ini. Saya pun baru bergabung dengan media sosial ini awal tahun 2013. Google Plus merupakan media sosial dari Google. Ketika kita sudah mempunyai akun Google misalnya di Gmail atau Blogger, kita bisa langsung bergabung dengan media sosial ini. Saya suka menggunakan media sosial ini karena bisa membagikan konten blog saya secara otomatis, sehingga saya bisa menambah visitor blog dari akun Google Plus ini. Selain itu, yang saya suka dari media sosial ini adalah tidak ada iklan di media sosial tersebut, sehingga mempercepat laju loading.

Linkedin
Media sosial ini saya kurang tahu betul eksisitensinya, soalnya saya juga belum bergabung dengan media sosial ini. Namun, teman-teman saya sudah banyak yang menggunakan media sosial ini. Oleh karena itu, saya tidak bisa menceritakan panjang lebar mengenai media sosial yang satu ini.

Skype
Skype merupakan media sosial yang bisa dibilang sangat bagus untuk berinteraksi dengan teman secara langsung. Biasanya media ini digunakan untuk video call. Sudah sejak lama saya bergabung dengan media ini, namun saya belum pernah menggunakannya untuk video call. Karena teman-teman saya di Skype kebanyakan adalah bukan teman saya di dunia nyata. Sehingga susah untuk diajak berinteraksi.

Yahoo Messenger
Media sosial ini bisa dibilang sangat laris pada waktu itu, namun saat ini sudah banyak yang tidak menggunakannya lagi. Media sosial ini bisa digunakan untuk berinteraksi dengan teman via chat, call, maupun video call. Ketika anda ingin menggunakan Yahoo Messenger, anda harus sudah mempunyai akun Yahoo. Setelah itu, anda bisa mendownload Softwarenya, kemudian baru anda install di komputer. Mungkin agak sedikit ribet, tapi sangat mengasyikkan apabila digunakan untuk berhubungan dengan teman.

Mungkin hanya itu yang bisa saya informasikan kepada anda sekalian. Sebenarnya masih banyak lagi jejaring sosial di internet, namun saya kurang begitu faham eksistensinya, karena saya belum bergabung dengan media sosial tersebut. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

2 komentar:

alkatro said...

jejaring sosial hanya g+ yang aktip
makasih sharenya :)

o iya, ttg paypal yg beda nama di buku rek. bank.
mungkin mending ngajuin ganti nama ke bank ybs.

zunif.com said...

Owh begitu ya pak, terimakasih banyak atas sarannya tentang paypal. Nanti kapan-kapan saya akan mencobanya :)

Makasih sudah mampir di blog saya :)

Post a Comment