Berlibur Sambil Belajar di Kampung Inggris Pare

Saat duduk dibangku kuliah, tiap akhir semester kita pasti akan berlibur panjang. Biasanya liburan berlangsung sekitar satu sampai dua bulan. Liburan tersebut tentunya membosankan bukan? Setelah kita bersibuk-sibuk ria dengan aktivitas kuliah yang bisa dibilang padat, ditambah dengan setumpuk tugas setiap harinya, tiba-tiba kita libur panjang tanpa ada kegiatan satupun.

Banyak dari mahasiswa menghabiskan liburan dengan kegiatan organisasi kampus. Mungkin mempersiapkan acara seminar, ospek, atau kegiatan lain. Ada juga mahasiswa yang menghabiskan masa liburanya dengan bekerja. Dan yang paling parah lagi adalah mahasiswa yang menghabiskan masa liburnya dengan cara bermalas-malasan. Beragam aktivitas tersebut tentunya mempunyai segi positif dan negatif, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Bagi saya, memanfaatkan masa liburan dengan berorganisasi dan bekerja itu tidak masalah, karena akan menambah ilmu dan pengalaman dari kegiatan tersebut. Saya juga dulu sering memanfaatkan liburan kuliah dengan mengikuti kegiatan organisasi, karena saya fikir itu lebih baik ketimbang bermalas-malasan dirumah atau di kost. Namun, ada satu hal yang menurut saya itu penting dan bersifat urgen, yakni kompetensi kita dalam berbahasa Inggris.

Kenapa Bahasa Inggris itu penting? Karena saat kita akan masuk ke dunia kerja, kompetensi bahasa Inggris menjadi salah satu syarat untuk bisa diterima kerja. Selain itu, kompetensi Bahasa Inggris juga menjadi salah satu syarat ketika kita akan melanjutkan studi ke jenjang kuliah yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kompetensi tersebut kita persiapkan sejak dini, mengingat saat kuliah kita hanya mendapatkan mata kuliah Bahasa Inggris yang sedikit, terutama mahasiswa jurusan non-Bahasa Inggris.

Ada baiknya ketika masa libur tiba, kita manfaatkan untuk kursus Bahasa Inggris. Mungkin untuk membangun kompetensi Bahasa Inggris butuh waktu, tidak bisa secara instant. Kita butuh waktu yang cukup banyak untuk belajar Bahasa Inggris. Namun, ada alternatif yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan tentunya murah sesuai dengan kantong mahasiswa, yakni kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur.

Liburan selama satu bulan, itu sudah cukup untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di Pare, karena kebanyakan program kursus yang ditawarkan disana adalah program satu bulan, bahkan ada juga program kursus yang dua mingguan dan satu mingguan. Kita bisa memilih program kursus yang kita minati dan kita juga bisa memilih lembaga kursus yang berkualitas, karena di Kampung Inggris, itu ada banyak lembaga kursus, yakni sekitar 50-an.

Ada beberapa kelebihan kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris dibandingkan dengan kursus di tempat lain, antara lain adalah (i) biaya kursus lebih murah, (ii) sistem pembelajarannya cenderung intensif, minimal sehari 3 kali pertemuan, (iii) belajar Bahasa Inggris bisa ditempuh dengan waktu singkat, (iv) kita bisa lebih fokus belajar, karena kita tidak memikirkan hal-hal lain, misalnya mikir tugas kuliah, dan lain sebagainya.

Bila setiap libur semesteran kita manfaatkan waktu tersebut untuk kursus Bahasa Inggris di Pare, itu sudah cukup untuk membangun komptensi Bahasa Inggris. Misalnya, kita kuliah selama 8 semester, berarti ada waktu 8 liburan (8 bulan) yang bisa kita manfaatkan untuk kursus Bahasa Inggris disana. Oleh karena itu, bagi anda yang merasa mahasiswa, sudah saatnya kita melakukan perubahan untuk membangun kompetensi Bahasa Inggris, hal itu semata-mata demi masa depan kita agar lebih baik.

Kita tidak perlu khawatir saat berada di Kampung Inggris. Disana juga banyak terdapat tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Misalkan kita stres atau jenuh karena setiap hari kursus, kita bisa berlibur sejenak dengan jalan-jalan berwisata di sekitar kampung Inggris, misalnya kita bisa berkunjung ke Gumul, Gua Surowono, Pantai Pasir Putih, Goa Lowo, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita bisa berlibur sambil belajar di Kampung Inggris.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya informasikan kepada anda sekalian. Semoga setelah membaca artikel ini, kita dapat membuka cakrawala baru akan arti pentingnya kompetensi Bahasa Inggris. Jangan manfaatkan waktu liburan anda dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, namun, alangkah baiknya kita manfaatkan dengan kegiatan yang positif, seperti kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare. Atas perhatiannya saya ucapkan “maturnuwun”.

Artikel Terkait:

6 komentar:

jempot2-office said...

tulisan yang bagus untuk memotivasi, liburan bukan sebagai sarana santai, tapi tentunya sebagai pengendapan ilmu.
semoga sukses

Taqorrub Ubaidillah said...

Betul itu pak, karena libur kuliah realif panjang. Alangkah baiknya liburan tersebut dimanfaatkan untuk belajar :)
Terimakasih pak sudah berkunjung di blog saya :)

Herdoni Wahyono said...

Himbauan atau 'ajakan' yang tepat dan amat baik utamanya bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Salah satu modal penting dalam meraih asa yang gemilang. Berlibur sambil belajar di Kampung 'Inggris' Pare Kediri, Jawa Timur. Salam sukses buat sobat Taqorrub Ubaidillah.

Sukadi said...

Bahasa inggris itu penting, saya yang tak fasih berbahasa inggris saja kepingin bisa hehe..
Kalau liburan diisi dengan hal-hal positif akan lebih bermanfaat, tapi dulu waktu masih sekolah saya lebih sering untuk berlibur dirumah :)

Taqorrub Ubaidillah said...

Terimakasih banyak pak sudah berkunjung di blog saya. :)
Kita sebagai sesama warga negara RI sudah seharusnya mengajak para teman-teman kita untuk selalu belajar dan terus belajar disaat kita masih muda. Terutama untuk belajar Bahasa Inggris. :)
Salam suskes selalu pak Herdoni Wahyono

Taqorrub Ubaidillah said...

Untuk bapak Sukadi, iya pak selagi masih sempat untuk belajar tidak ada salahnya bila kita terus belajar. Kalau ada waktu mungkin bapak bisa pergi ke Pare untuk menimba ilmu bahasa Inggris hehehe :)

Post a Comment