Mekanisme Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Apakah anda ingin belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare? Apakah anda belum pernah sama sekali kursus Bahasa Inggris disana? Apakah anda tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris sama sekali alias nol besar? Apakah anda membayangkan bagaimana mekanisme kursus disana?. Apabila jawaban anda iya, mungkin ada baiknya apabila anda memahami artikel ini sebagai bahan referensi sebelum anda berangkat ke Kampung Inggris Pare. Tujuannya adalah agar segala sesuatunya dipersiapkan sebaik mungkin sebelum berangkat ke Kampung Inggris, karena mungkin tempat tinggal anda jauh dari Kampung Inggris.

Dalam kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman kepada anda yang ingin belajar Bahasa Inggris di Pare, tujuannya adalah agar supaya anda tidak kaget dengan sistem dan mekanisme belajar yang ada disana. Dan yang paling penting adalah supaya anda bisa segera menyesuaikan diri dengan kehidupan dan iklim belajar di Kampung Inggris. Berikut merupakan point-point penting yang musti anda perhatikan sebelum anda berangkat ke Kampung Inggris dan saat berada di Kampung Inggris.
Foto Bersama Teman-teman Program Basic I ELFAST (Sumber: Dok. Lapangan)
Start Pelaksanaan Kursus
Pelaksanaan kursus di Pare tidak mengenal musim, dalam artian setiap hari selalu ada peserta kursus yang datang ke Kampung Inggris. Oleh karena itu, di Kampung Inggris telah terdapat suatu kesepakatan antar lembaga kursus untuk memulai pelaksanaaan kursus pada tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Ini maksudnya bahwa proses kegiatan belajar mengajar di setiap kursusan dimulai pada tanggal 10 dan 25 setiap bulannya.

Misalnya kita mengambil program 1 bulan di suatu lembaga kursus pada tanggal 25 Mei 2013, berarti kursus tersebut selesai pada tanggal 24 Juni 2013. Oleh karena itu, sebaiknya anda datang ke Pare sebelum tanggal tersebut. Tujuannya apa? tujuannya adalah supaya anda bisa mendaftar pada program kursus yang sesuai dengan keinginan anda. Apabila anda datang kesana pada tanggal 25 atau tanggal 10, bisa dipastikan hampir seluruh kelas sudah penuh. Mungkin anda akan kebagian kelas pada lembaga kursus yang kurang begitu favorit.

Intensitas Kursus
Intensitas kursus di Pare sangat jauh berbeda dengan intensitas kursus yang ada di lembaga-lembaga kursus di kota-kota besar. Misalnya kursusan di Yogyakarta, jumlah pertemuan sering kali satu minggu hanya dua kali pertemuan tatap muka. Namun, di Pare hal itu berbanding 180 derajat. Jumlah pertemuan kursus disana bisa di bilang cukup intensif. Rata-rata jumlah pertemuan adalah 1 hari dua kali pertemuan, bahkan ada yang sampai  tiga kali pertemuan.

Apabila anda tidak mempunyai kompetensi Bahasa Inggris sama sekali, alias benar-benar dari nol. Bisa dipastikan akan pusing berat, karena setiap hari harus berhadapan dengan Bahasa Inggris. Namun, hal itu bisa diatasi apabila anda mempunyai minat dan motivasi yang tinggi untuk belajar Bahasa Inggris secara serius. Saya yakin dua atau tiga hari setelah anda berada disana, anda akan dengan cepat beradaptasi dengan suasana belajar di Kampung Inggris.

Program Pendidikan Kursus
Jangan malu-malu bertanya kepada teman satu kost anda dan petugas administrasi di lembaga kursus. Semuanya orangnya baik, karena mereka juga sama-sama pendatang seperti anda. Mungkin bedanya mereka sudah lebih dulu tinggal disana. Oleh karena itu, sebaiknya anda bertanya kepada senior anda mengenai lembaga kursus yang mana yang cocok untuk anda. Mungkin anda ingin memperdalam kemampuan speaking atau mungkin untuk mempersiapkan test TOEFL, atau mungkin benar-benar dari nol. Nanti senior anda akan memberikan referensi yang baik untuk anda mengenai lembaga kursus dan program yang musti anda ambil disana.

Program pendidikan kursus yang ada di Pare kebanyakan berjenjang. Tentu sangat berbeda ketika anda kursus di daerah lain. Misalnya program Grammar yang ada di ELFAST. Disana terdapat jenjang program yang saling berkaitan. Yakni program dari yang terendah sampai yang teratas adalah Kelas Fundamental, Program Basic I, Program Basic II, Program Translation, Program Writing, Program TOEFL, dan Program IELTS. Oleh karena itu, apabila anda benar-benar dari nol ingin belajar Grammar di ELFAST, saya sarankan ambil program yang paling rendah terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan kelas pada jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

Suasana Kursus/Belajar
Memang ada sedikit perbedaan dalam proses belajar mengajar antara Program Speaking dan Program Grammar. Pada kelas grammar, lebih cenderung serius dalam belajar dan lebih sering menulis. Sedangkan pada kelas speaking, cenderung lebih banyak game, praktek bicara, dan berlangsung lebih akrab.

Selain itu, biasanya satu kelas terdapat peserta kursus dari berbagai umur, ada yang masih muda dan ada juga yang sudah tua. Oleh karena itu, anda jangan pernah malu untuk belajar bareng satu kelas dengan anak-anak SMP dan SMA, apabila anda anak kuliayahan atau mungkin anda sudah bekerja. Toh ternyata kebanyakan dari mereka (anak SMP dan SMA) lebih pintar dari anda. Karena ilmu bahasa inggrisnya masih fresh.

Kondisi ruang kelas disetiap lembaga kursus yang ada di Kampung Inggris itu sangat sederhana sekali. Kebanyakan lesehan ber-alaskan tikar/karpet dengan beberapa meja. Bahkan ada juga beberapa lembaga kursus yang ruang kelasnya berada di luar ruangan. Namun hal itu tidak menjadi suatu masalah untuk terus belajar bahasa Inggris. Beda halnya jika kita kursus bahasa Inggris di kota-kota besar. Pasti disana ruang kelasnya eksklusif dan megah, serta dilengkapi dengan laboratorium bahasa yang komplit.

Suasana Kampung Inggris
Anda mungkin membayangkan bahwa kampung inggris banyak orang bule nya dan anda diwajibkan berbicara bahasa inggris setiap hari. Persepsi itu saya rasa keliru. Saya dulu juga mempunyai bayangan seperti itu sebelum berangkat kesana. Namun, semua itu ternyata tidak benar.

Suasana di kampung inggris sebenarnya sama dengan suasana di desa anda. Bedanya adalah di kampung inggris banyak terdapat lembaga kursus (sekitar 50 lembaga kursus) dan banyak pendatang. Sedangkan di desa anda tidak terdapat kondisi yang demikian.

Kondisi lingkungan di kampung inggris sangat mendukung untuk belajar bahasa inggris. Masyarakat di sana sangat ramah dan bersahabat dengan peserta kursus. Banyak peserta kursus yang berbicara/ngobrol dengan teman menggunakan bahasa inggris, baik di kost ataupun dijalan. It's no problem dan masyarakat sangat mengapresiasi hal itu. Beda halnya jika anda ngomong menggunakan bahasa inggris ditempat anda saat ini, mungkin anda akan dibilang sok pintar atau mungkin anda akan ditertawakan oleh orang. Tapi disana tidak sama sekali.

Cara Memilih Lembaga Kursus
Ada beberapa kriteria yang musti anda perhatikan dalam memilih program kursus dan lembaga kursus, antara lain sebagai berikut: (i) Tujuan anda kursus untuk apa? atau anda ingin belajar bahasa inggris untuk apa? Tentu hal itu sangat berbeda jika anda kursus untuk mempersiapkan wawancara kerja, misalnya anda sudah lulus kuliah, dibandingkan jika anda kursus dengan tujuan untuk mempersiapkan test TOEFL untuk masuk ke perguruan tinggi. (ii) Setelah anda memastikan tujuan kursus, yang musti anda perhatikan selanjutnya adalah program apa yang akan anda ambil? dan dimana lembaga kursus yang berkualitas dan bonafide?.

(iii) Sesuaikan kemampuan anda berbahasa Inggris. Jangan malu-malu untuk mengakui bahwa anda belum bisa sama sekali bahasa inggris alias nol besar. Apabila anda malu, malah nanti akan menjadi bomerang bagi diri anda sendiri. Oleh karena itu, hendaknya program yang akan anda ambil hendaknya disesuaikan dengan kemampuan anda. Pilih program kursus yang paling dasar, apabila anda benar-benar nol bahasa inggris.

(iv) Setiap lembaga kursus tentu mempunyai fee yang berbeda-beda. Pilihlah lembaga kursus yang mempunyai fee paling murah, namun tetap berkualitas dalam segi keilmuan. (v) Mungkin ada baiknya apabila anda mengetahui beberapa lembaga kursus terbaik yang ada di kampung inggris. Ini merupakan referensi dari saya.

Cara Memilih Tempat Tinggal Selama Kursus
Tempat tinggal yang ada disana terdiri dari dua macam, (i) Camp, camp ini merupakan tempat tinggal yang mewajibkan penghuninya berbicara bahasa inggris kepada teman satu camp saat berada di camp. Di camp, terdapat jam wajib belajar setiap harinya, biasanya setelah waktu subuh dan setelah waktu magrib. Biasanya biaya nge-camp sedikit lebih mahal dibandingkan dengan biaya nge-kost. Camp ini sangat cocok bagi anda yang sudah mahir berbahasa inggris (sepaking/conversation) atau mungkin sangat cocok bagi anda yang ingin memperdalam percakapan dalam berbahasa inggris, karena saat di camp langsung bisa praktek dengan teman.

(ii) Kos-kosan biasa. Di kost tidak ada aturan seperti yang diberlakukan di camp. Dalam hal ini di kost cenderung bebas. Kost ini sangat cocok bagi anda yang belum bisa bahasa inggris dan cocok bagi anda yang ingin fokus belajar grammar, karena di kost kita bisa belajar secara efektif untuk memperdalam grammar.

Dari dua macam tempat tinggal tersebut, tentunya disesuaikan dengan kondisi anda saat ini. Apakah anda ingin memilih tinggal di camp ataukah di kost? semua itu tergantung anda, saya hanya memberikan sedikit gambaran saja mengenai kedua tempat tinggal tersebut.

Bersepeda
Di kampung inggris umumnya pendatang dalam hal ini peserta kursus, mereka banyak menyewa sepeda di tempat penyewaan sepeda. Mereka umumnya memanfaatkan transportasi sepeda untuk berangkat kursus atau mungkin untuk jalan-jalan dengan teman di suatu tempat. Tentu hal itu sangat mengasyikkan bukan?. Biaya sewa sepeda juga relatif murah yang mana mungkin tidak akan banyak menguras kantong anda.

Banyak tempat-tempat  yang menarik yang musti anda kunjungi ketika anda berada di Pare saat bersepeda dengan teman, antara lain seperti Gumul, Guwa Surowono, Alun-alun Pare, dan masih banyak lagi.

Buku Teks Pelajaran
Anda tidak perlu kawatir mengenai buku teks bahasa inggris. Disana ada toko buku yang menjual beranekaragam buku teks bahasa inggris yang bisa anda jadikan sebagai bacaan. Selain itu, di toko tersebut juga banyak menyediakan Kamus Bahasa Inggris Standart seperti karya John M. Echol dan Hasan Sadili dan ada juga Kamus Bahasa Inggris Kontemporer, Kamus Idiom, dan lain sebagainya.

Selain itu, biasanya setiap program kursus yang anda ikuti menyediakan modul untuk belajar selama mengikuti program. Oleh karena itu, anda tidak perlu kawatir lagi mengenai eksistensi buku teks pelajaran.

Biaya Kursus
Biaya kursus di Pare sangat murah meriah dibandingkan dengan biaya kursus ditempat kita, misalnya di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan kota-kota besar lainnya. Untuk program TOEFL misalnya, disana hanya 200 ribu per bulan dengan intensitas 3 kali pertemuan dalam satu hari selama satu bulan. Apabila ditotal sekitar ada 78 pertemuan untuk kelas TOEFL selama satu bulan dengan biaya kursus sebesar 200 ribu.

Dari situlah mengapa banyak siswa dan mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air Indonesia banyak yang ingin belajar bahasa inggris di Kampung inggris. Selain bisa belajar bahasa inggris lebih fokus dan intensif, juga biaya kursus yang sangat murah tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang cara dan mekanisme kursus bahasa inggris di kampung inggris pare. Semoga setelah anda membaca artikel ini sudah mempunyai gambaran tentang kampung inggris, sehingga segala sesuatunya sudah anda persiapkan dengan matang sebelum anda berangkat ke kampung inggris. Good luck.

Artikel Terkait:
Berlibur Sambil Belajar di Kampung Inggris Pare
Lembaga Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Kampung Inggris

8 komentar:

Ahmad Fauzi said...

udah lama pengen kesana tapi belum kesampean..

Taqorrub Ubaidillah said...

hehehe tidak apa-apa mas, yang penting punya niat dulu, siapa tahu besok atau kapan bisa kesana :)

Herdoni Wahyono said...

Panduan yang komplit bagi yang ingin kursus bahasa Inggris di kampung Inggris Pare. Penguasaan bahasa Inggris menjadi hal yang penting saat ini di tengah arus globalisasi. Tentu akan lebih pede bila pintar berkomunikasi dalam bahasa asing ini. Selamat belajar. Sukses selalu.

Taqorrub Ubaidillah said...

Betul pak, kompetensi bahasa inggris kini menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Terutama ketika kita ingin melamar pekerjaan, kompetensi bahasa inggris menjadi salah satu syarat yang cukup dipandang penting.

Kampung Inggris Pare merupakan satu tempat yang tepat untuk menimba ilmu bahasa inggris, karena lebih fokus belajarnya dan juga lebih intensif.

DecemberHae said...

selain itu juga ada tempat kursus bahasa korea dan jepang juga mandarin lhoo :D

Taqorrub Ubaidillah said...

DecemberHae, betul sekali sob. Ada banyak kursus bahasa di Kampung Enggris. Salah satunya Bahasa Korea dan Jepang, tapi yang paling dominan adalah Bahasa Inggris :P

Ririn Widiya said...

Saya pernah di BEC Pare.. Selain Bahasa Inggris sebenarnya saya tertarik juga dengan Bahasa Arab.

Taqorrub Ubaidillah said...

Wah berarti sudah lama donk kalau sudah pernah kursus di BEC, solanya disana minimal 3 bulan hmmmm :)

Saya malah cuma mampir saja buk di kampung inggris hehehe :D

Iya disana juga banyak kursus Bahasa arab kok, kenapa tidak sekalian nyambi kursus bahasa arab buk? kan biar seru getu loch hehehe :D

Post a Comment