Tips Meningkatkan Intensitas Membaca

Sejak saya duduk di bangku sekolah dasar (SD) hingga saya lulus kuliah S-1, saya termasuk orang yang agak malas membaca buku, artikel, dan lain sebagainya. Setelah itu saya mulai berfikir ternyata membaca itu penting dan saya mencoba untuk rajin membaca. Namun, setiap kali membaca buku atau surat kabar, saya selalu dihampiri rasa kantuk yang luar biasa. Padahal setiap kali saya membaca, saya selalu siap sedia kopi dan cemilan agar saya tidak ngantuk saat membaca. Namun, lagi-lagi usaha saya tersebut gagal dan tidak membuahkan hasil yang optimal.

Suatu saat ketika saya berangkat kuliah kemudian pada saat di kantin kampus, saya bertemu dengan teman saya, yakni Pak Haryono. Beliau merupakan mahasiswa satu angkatan sama saya, meskipun beda program studi. Kami ngobrol-ngobrol panjang lebar tentang perkuliahan, sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya kepada beliau. "Pak, bagaimana caranya supaya saya bisa membaca berbagai buku teks?, soalnya setiap kali saya membaca selalu ngantuk, padahal saya sudah menyiapkan kopi dan lain sebagainya untuk menemani aktivitas membaca saya?". Beliau hanya menjawab kuncinya adalah "keingin tahuan terhadap apa yang ingin dibaca".

Beliau kemudian menjelaskan, "apabila keingintahuan kamu itu rendah, pasti kamu enggan untuk membaca, akan tetapi jika keingin tahuan kamu itu tinggi, pasti kamu akan antusias dalam membaca". Mungkin jawaban beliau tersebut sulit untuk saya terima, karena saya berfikir apa bisa dengan rasa ingin tahu yang tinggi, kemudian saya bisa menjadi rajin untuk membaca?.

Namun, suatu saat saya mulai mempraktekkan apa yang beliau sarankan kepada saya. Saya mencoba membaca berbagai buku teks dan surat kabar dan saya selalu menerapkan rasa ingin tahu setiap kali saya ingin membaca. Saya tidak menyangka ternyata tanpa saya sadari saya bisa mudah sekali membaca dan memahami berbagai buku teks, artikel, dan lain sebagainya dengan hanya menerapkan rasa ingin tahu tersebut. Dan yang anehnya lagi, saat ini saya sudah bisa rajin membaca dengan mudah tanpa harus menyediakan kopi dan lain sebagainya untuk menemani aktivitas membaca saya.

Oleh karena itu, sebenarnya tips untuk meningkatkan intensitas membaca itu tidak ada. Namun kuncinya adalah pada diri kita sendiri, yakni menciptakan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap apa yang ingin kita baca. Dengan begitu, kita bisa membaca dengan mudah tanpa ada tekanan atau paksaan. Sehingga apabila kita selalu membaca maka kita akan selalu ingin tahu dan ingin memahami apa yang ingin kita baca.

Mungkin hanya itu tips sederhana dari saya. Semoga setelah anda membaca artikel ini, anda bisa meningkatkan intensitas membaca anda. Karena dengan membaca, kita akan menjadi luas wawasannya dan tentunya akan menambah ilmu bagi kita. Orang yang rugi adalah mereka yang malas untuk membaca. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Posting Terkait:
Tips Menyusun TA, KTI, dan Skripsi
Tips Menulis Artikel di Surat Kabar
Tips Meningkatkan Intensitas Menulis

4 komentar:

Anonymous said...

membaca memang penting, bukankah agama juga menyuruh kita untuk banyak membaca?
semangat membaca akan lebih baik jika membacanya dekat dengan cewek seperti gambat diatas tuh.
oh...ya..., saya follback

zunif.com said...

Iya pak betul sekali. Foto diatas hanya sebagai ilustrasi saja kok pak hehehe :)
Terimakasih sudah follback pak :)

Anonymous said...

Tips gemar membaca. Artikel yang sangat saya sukai. Saya memang bukan kutu yg ada dibuku, tapi saya bisa gila kalau tidak ada buku. Terutama buku dengan isi yang sangat saya butuhkan. Maaf, sisa ke MCK, saya tidak membawa buku.
Berkat maniak membaca, saya mengerti Islam adalah agama saya yang sah, ketika berumur 9 thn dan pacaran tindak menyalahi aturan, pada usia 13 thn, bukan syari'at, tapi belajar tabiat teman sebaya yang menyimpang. Kemudian satu takdir yg sy dapat dari guru, bahwa "setiap manusia telah ditakdirkan dengan pasangannya". Sah!
Intinya, membaca adalah satu jalan menuju dunia yang tidak dapat kita jamah sekalipun. Terima kasih.

zunif.com said...

Terimakasih bu sudah mau berbagi :)

Post a Comment