Tips Meningkatkan Intensitas Menulis

Menulis merupakan aktivitas yang membutuhkan skill tersendiri. Mungkin tanpa kita membaca, kita bisa menulis. Namun, untuk menulis dengan gaya bahasa yang luwes dan mudah untuk di fahami oleh orang lain itu yang sulit. Oleh karena itu ada baiknya jika kita ingin menulis, kita harus rajin-rajin membaca berbagai hal. paling-tidak dengan kita membaca kita mempunyai gambaran tentang tata tulis yang baik dan benar. Selain itu, dengan membaca kita juga akan memperoleh pengetahuan dan informasi baru. Terutama jika kita ingin menulis tentang suatu hal, usahakan kita juga membaca terlebih dahulu hal tersebut.

Tulisan yang baik tentu harus sesuai dengan hal apa yang akan kita tulis. Tulisan artikel pasti berbeda dengan tulisan novel. Karena substansi dan tata tulis novel mempunyai kriteria yang berbeda dengan tulisan artikel. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan diri dengan hal apa yang akan kita tulis.

Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang kiat-kiat menulis. Kiat tersebut sengaja tidak saya spesifikasikan ke hal apa? namun lebih bersifat global tentang cara meningkatkan agar kita bisa menulis dengan baik dan benar.

Pertama, menulis pasti membutuhkan ide atau gagasan mengenai hal apa yang akan kita tulis. Misalnya kita akan menulis tentang "kisruh ujian nasional". Kita diharapkan tahu dan faham betul tentang permasalahan tersebut. Jangan asal-asalan. Oleh karena itu, usahakan kita sudah membaca berbagai artikel dan buku. dari situlah kita akan bisa memformulasikan hasil dari aktivitas membaca kita. Tapi sebenarnya menulis tidak harus berasal dari hasil membaca saja, bisa juga dari pengalaman kita atau orang lain yang pernah di alami.

Kedua, usahakan kita membuat suatu kerangka tentang hal apa yang akan kita tulis. Mungkin kita bisa kembali lagi dengan 5W + 1H, yakni tentang hal apa? dimana? kapan? siapa? kenapa? dan bagaimana?. Itu merupakan kerangka awal kita sebelum kita menulis.

Ketiga, setelah kita mempunyai gambaran tentang hal apa yang akan kita tulis. Ada baiknya jika kita kemudian menuliskannya seketika itu juga. Supaya gambaran yang ada di benak kita tidak mudah hilang. Kita bisa menuliskannya di kertas biasa atau langsung di komputer kita. Namun, apabila anda sudah terbiasa dengan komputer, saya anjurkan untuk menuliskannya di komputer. Karena selain cepat, bila kita salah dalam menulis, maka tulisan kita akan mudah untuk dihapus.

Keempat, usahakan ketika kita menulis, jangan dibarengi dengan membaca hasil tulisan kita. Namun, usahakan kita terus menulis dan menulis. Apabila tulisan kita sudah banyak, baru kita boleh membaca dan mengedit tulisan yang sudah kita tulis. Apabila kita menulis sambil membaca, pasti kita akan terlalu lama untuk menghasilkan tulisan dua lembar.

Kelima, silahkan biasakan diri kita untuk terus berlatih secara intensif, karena menulis itu butuh latihan. Skill menulis tidak datang dengan sendirinya, namun perlu latihan yang terus menerus. Mungkin ada baiknya jika kita berlatih menulis di blog milik kita sendiri, itu sudah cukup bagus. Namun, jarang orang mengkritisi tulisan ataupun susunan tulisan di blog kita, karena kebanyakan pengunjung blog cenderung konsumtif. Oleh karena itu, saya sarankan, kita bisa meminta teman untuk sesekali membaca tulisan kita. Karena tulisan yang menurut kita sudah bagus belum tentu tulisan kita bagus menurut orang lain.

Mungkin hanya itu tips sederhana dari saya tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan intensitas menulis pada hal apa saja. Semoga dari tips sederhana ini, dapat memberikan pemahaman mengenai tata cara menulis. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.

Posting Terkait:
Tips Menyusun TA, KTI, dan Skripsi
Tips Menulis Artikel di Surat Kabar
Tips Meningkatkan Intensitas Membaca

6 komentar:

Suratno Kenthus said...

Mantep Mas tipsnya, Saya akan coba ah biar tulisanku yang amburadul bisa seidkit demi sedikit diperbaiki. Terimakasih banyak mas tipsnya..

Taqorrub Ubaidillah said...

Iya pak sama-sama, monggo silahkan berlatih secara terus-menerus, nanti pasti bisa dengan sendirinya :)

Harun Ar said...

Sip banget Mas, terutama no.5 OK

Taqorrub Ubaidillah said...

Terimakasih banyak pak Harun sudah berkenan mengunjungi blog saya :)

Sukadi said...

Konsistensi menjadi permaslahan yang paling menghantui dalam menulis (blog), ada-ada saja yang menjadi penyebabnya.
Terimakasih :)

Taqorrub Ubaidillah said...

Betul itu pak, saya juga sering mengalami hal seperti itu :)
Terimakasih sudah mengunjungi blog saya pak :)

Post a Comment