Buku Bahasa Arab Kelas XII SMA BSE

Salah satu permasalahan utama pendidikan di Indonesia adalah belum terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Proses pembelajaran yang diterapkan selama ini cenderung transfer of knowledge. Hal tersebut dikarenakan guru terlalu monoton dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Yang paling parahnya lagi adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) dijadikan satu-satunya sumber belajar. Sehingga siswa tidak bisa berfikir kritis dan komprehensif dengan adanya treatment tersebut. Berbekal dari alasan tersebut, diharapkan para guru lebih giat dalam membaca berbagai buku teks pelajaran, karena ilmu pengetahuan bersifat dinamis, yang mana selalu berkembang dari tahun ke tahun. Selain itu, diharapkan guru tidak menjadikan LKS sebagai satu-satunya sumber belajar, melainkan memberikan kebebasan kepada siswanya untuk belajar mandiri mengenai berbagai buku teks pelajaran yang diampunya.

Buku Sekolah Elektronik (BSE) terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional diharapkan dapat dimanfaatkan guru profesional dan siswa seoptimal mungkin. Karena eksistensinya disediakan gratis oleh pemerintah Republik Indonesia. Harapannya ketika guru dan siswa sudah belajar mandiri di rumah, ketika dikelas bisa terjadi pembelajaran yang baik, dalam artian terjadi interaksi dua arah. Sehingga proses pembelajaran tidak hanya transfer of knowledge saja, melainkan terjadi transfer of value dan attitude.

Buku Bahasa Arab ini diperuntukkan untuk guru dan siswa kelas XII atau kelas 3 SMA/MA. Buku ini berjudul “Pelajaran Bahasa Arab untuk SMA” yang mana ditulis oleh Darsono dan Sururi Abdul Jalal. Buku ini diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2011.

Adapun konten yang terdapat dalam buku ini terdiri dari 9 BAB antara lain BAB Al Hiwayah 1 (Kegemaran 1), Al Hiwayah 2 (Kegemaran 2), At Tanazzuh 1 (Wisata 1), At Tanazzuh 2 (Wisata 2), Khafilah (Pelayanan Umum), Al Mihnatu 1 (Pekerjaan 1), Al Mihnatu 2 (Pekerjaan 2), Al Mihnatu 3 (Pekerjaan 3), dan Al Mihnatu 4 (Pekerjaan 4). Buku ini juga dilengkapi dengan Tamrinat (Latihan Semester) pada setiap akhir semester, sehingga bisa dijadikan latihan untuk guru dan siswa SMA.

Selain itu, buku bahasa Arab ini juga dilengkapi dengan gambar dan tabel serta diagram. Hal itu dimaksudkan agar mudah difahami oleh siswa dan guru. Silahkan download Buku Bahasa Arab Kelas XII SMA BSE secara gratis disini. Klik disini untuk mendownload buku tersebut. Semoga bermanfaat.

Posting Terkait:

0 komentar:

Post a Comment