Buku Bahasa Jepang Kelas XI SMA BSE

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, telah banyak mempengaruhi berbagai sendi-sendi kehidupan di negeri ini. Berbagai macam teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, sehingga memerlukan agar kita selalu menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Salah satu aspek yang dipandang penting dalam hal ini adalah bahasa. Bahasa merupakan aspek penting dalam menjalin komunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, jika kita ingin maju dan berkembang, kita harus mau belajar bahasa asing, agar kita bisa berhubungan dengan bangsa asing dengan baik. Salah satu bahasa asing yang cukup dianggap penting adalah Bahasa Jepang. Meski bahasa ini bukan bahasa Internasional, tapi kita perlu untuk mempelajarinya. Mengingat Bangsa Jepang merupakan bangsa yang dipandang dan berpengaruh dikancah internasional. Selain itu, bangsa Jepang juga banyak berkontribusi di Indonesia. Berbagai korporasi baik dibidang industri maupun teknologi milik Jepang, banyak kita jumpai di negeri kita.

Dengan adanya mata pelajaran Bahasa Jepang di tingkat SMA/MA, diharapkan dapat memberikan bekal kepada para siswa dan siswi untuk mengenal tentang dasar-dasar bahasa Jepang. Jika ingin memperdalam bahasa Jepang, diharapkan siswa setelah lulus melanjutkan studi pada program studi Bahasa Jepang di perguruan tinggi, atau bisa kursus bahasa Jepang di tempat kursus.

Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional ini yakni berjudul “Tanoshii Nihongo Bahasa Jepang untuk SMA dan MA Kelas XI”. Buku ini ditulis oleh Erwin H. Nuryadin dan Mulyono dan diterbitkan pada tahun 2011. Adapun konten yang terdapat dalam buku mata pelajaran ini terdiri dari 16 BAB, antara lain BAB tentang Keluarga Saya, Keluarga Bima, Ayah Saya Seorang Guru, Ayah Saya Tinggi, Memakai Kacamata, Rumah, Keadaan Rumah, Sarapan Pagi, Setiap Pagi Bangun Pukul 5, Pergi ke Sekolah dengan Motor, Waktu Luang, Kegiatan Lampau, Berbelanja, Saya Pesan Tempura, Jus Ini Manis, dan Keadaan Kota.

Buku ini disajikan secara interaktif agar mudah difahami oleh guru dan siswa. Selain itu, dalam buku ini juga terdapat berbagai gambar, tabel, dan diagram yang disajikan secara menarik. Silahkan download Buku Bahasa Jepang Kelas XI SMA BSE secara gratis dengan meng-klik disini. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.

Posting Terkait:

8 komentar:

BlogsOf Hariyanto said...

asyik banget, kalau bahasa jepang sudah masuk kurikulum sma, dulu sich tidak ada sama sekali :-)

Taqorrub Ubaidillah said...

iya pak, mungkin karena pendidikan di negara kita sudah mulai maju dengan adanya mata pelajaran-mata pelajaran bahasa asing :)

Djangkaru Bumi said...

Bahasa inggris saja , saya masih ola olili..

Taqorrub Ubaidillah said...

Semua bahasa asing memang relatif sulit pak, karena kita tidak terbiasa dari kecil. Karena pada prinsipnya kompetensi bahasa itu butuh pembiasaan. Misalnya kita sejak kecil hidup di Jepang, pasti kita bisa berbahasa Jepang. Begitu juga dengan bahasa Inggris. :)

Icah Banjarmasin said...

Kalau bahasa asing sudah masuk kurikulum seharusnya bahasa DAERAH yang lebih diutamakan..hahahhyyy

Taqorrub Ubaidillah said...

seharusnya seperti itu pak, namun bahasa asing seperti bahasa jepang ini hanya dipelajari pada sekolah yang ada program khusus saja.

kalau sekolah yang tidak ada program khusus, itu tidak ada mata pelajaran bahasa jepang.

bahasa daerah sejauh ini masih diperdebatkan eksistensinya pak pada kurikulum 2013. kita berharap semoga bahasa daerah masih tetap ada pada kurikulum 2013.

dani saja said...

Bahasa jepang kelas XII kagak ade ya pak..?

Aidil Cakep said...

#Dani Saja, iya sementara ini belum ada pak

Post a Comment