Buku Bahasa Indonesia Kelas XII SMA BSE

Kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dewasa ini menjadi prioritas. Pasalnya, eksistensi bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yakni bahasa pemersatu seluruh masyarakat di penjuru tanah air. Untuk berkomunikasi dengan sesama warga negara yang berada di luar daerah kita, diharapkan kita berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan tujuan agar mudah difahami oleh orang lain. Selain itu, kemampuan menulis dengan bahasa Indonesia juga menjadi penting jika kita dihadapkan pada suatu tugas mengerjakan makalah, artikel, kliping dan lain sebagainya. Oleh karena itu kemampuan menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan dengan menggunakan bahasa Indonesia harus proporisonal, sehingga kita tidak perlu khawatir jika dihadapkan pada suatu tugas atau hal tertentu.

Namun demikian, mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak melulu mengkaji aspek-aspek yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Banyak berbagai materi dan pokok bahasan yang harus kita fahami.

Buku Bahasa Indonesia terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional ini diperuntukkan untuk siswa dan guru kelas XII atau kelas 3 SMA/MA. Buku ini berjudul “Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas XII SMA dan MA”. Buku ini ditulis oleh Deden Fathudin, Usman Supendi, Syamsuddin A.R. dan Agus Mulyanto yang mana buku ini diterbitkan pada tahun 2009.

Adapun substansi dari buku ini memuat beberapa BAB antara lain tentang Jurnalistik dan Sastra, Pendidikan, Kegiatan, Profesionalisme Kerja, Kesenian, Kebudayaan, Reportase, Pendidikan Apresiasi Seni, Ragam Budaya, Seni dan Hiburan, dan Budaya Daerah. Masing-masing BAB memuat aspek membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Buku ini juga dilengkapi dengan Soal Latihan Ulangan Akhir Semester I dan Soal-soal Latihan Ujian Nasional.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan tabel serta diagram, dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam memahami buku ini. Silahkan download Buku Bahasa Indonesia Kelas XII SMA BSE secara gratis dengan meng-klik disini. Semoga buku ini dapat bermanfaat untuk anda. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.

Posting Terkait:

0 komentar:

Post a Comment