Buku Evaluasi Sumberdaya Lahan

Lahan adalah suatu wilayah daerah di permukaan bumi yang mempunyai sifat-sifat agak tetap atau pengulangan sifat-sifat dari biosfer secara vertikal di atas maupun di bawah wilayah tersebut, termasuk atmosfer, tanah, geologi, geomorfologi, hidrologi, tetumbuhan, binatang serta hasil kegiatan manusia masa lampau ataupun masa sekarang, dan perluasan sifat-sifat tersebut. Berpengaruh terhadap penggunaan lahan saat sekarang ataupun di masa mendatang (FAO, 1976). Evaluasi Lahan adalah proses penaksiran penggunaan lahan apabila dipergunakan untuk maksud-maksud tertentu, meliputi kegiatan survei bentuklahan (landform), tanah, vegetasi, iklim, dan aspek lahan yang lain. Untuk membandingkan bentuk-bentuk penggunaan lahan yang diusulkan sesuai tujuan evaluasi (FAO, 1976).

Satuan peta lahan Adalah satuan (unit) lahan yang dibedakan satu dengan lainnya berdasarkan kualitas lahan atau karakteristik lahan tertentu.

Contoh satuan lahan yang dibedakan berdasarkan satuan tanah, satuan bentuk lahan (fisiografi), satuan kelas lereng, dan satuan bahan induk serta beberapa sifat tambahan (tanah) seperti kedalaman tanah efektif, drainase, reaksi tanah, KB dan KTK.

SPL 1: Asosiasi Aluvial Eutrik dan Gleisol Eutrik dataran pasang surut, tekstur GLD-GD, solum tanah dalam-sangat dalam, drainase agak terhambat, reaksi agak masam, KB tinggi, dan KTK rendah-sedang

SPL2: Asosiasi Aluvial Eutrik dan Gleisol Eutrik dataran berawa, tekstur GLD-GD, solum tanah dalam-sangat dalam, drainase agak terhambat, reaksi agak masam, KB tinggi, dan KTK rendah-sedang.

Buku Evaluasi Sumberdaya Lahan ini ditulis oleh Siswanto. Buku tersebut disediakan secara gratis oleh UPN Veteran Jawa Timur yang notabene sebagai penerbit buku tersebut. Untuk selengkapnya, silahkan download buku tersebut dengan meng-klik disini.

Posting Terkait:
Download Buku Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas VII SMP BSE
Download Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XII Semester I SMA BSE
Download Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XII Semester II SMA BSE

0 komentar:

Post a Comment