Komparasi Hasil Belajar Geografi antara Penggunaan Media Solar Sistem dengan Media Grafis pada Standar Kompetensi Sejarah Pembentukan Bumi Kelas X SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun 2010
Praktek pembelajaran
Geografi di sekolah selama ini terkesan tidak menarik bagi siswa. Siswa
menganggap pelajaran Geografi hanya sebagai pelajaran yang lebih bersifat hafalan, yakni hanya membeberkan
teori-teori saja tanpa ada praktiknya. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa geografi
merupakan mata pelajaran yang tidak menarik, membosankan, sulit dan lain-lain
yang menunjukkan sebenarnya siswa tidak menyukai pelajaran tersebut. Keadaan
ini dapat diperparah lagi jika guru mengajarkannya monoton, terlalu teoritis,
dan kurang buku ajar.
Mata pelajaran
geografi adalah salah satu mata pelajaran yang materinya membicarakan tentang
peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan alam semesta khususnya kompetensi dasar sejarah pembentukan bumi. Dengan demikian seorang guru
geografi harus dapat menggambarkan secara langsung materi-materi yang diberikan
dengan keadaan yang sebenarnya. Selama ini pembelajaran geografi cenderung pada
pembelajaran yang tematik teoristik
yaitu pembelajaran yang yang terdiri dari hafalan belaka. Sehingga banyak
terjadi kecenderungan dari para siswa bahwa pelajaran geografi dianggap
pelajaran yang hanya membosankan. Untuk menanggulangi hal tersebut maka perlu
dilakukan altenatif metode pembelajaran sehingga pelajaran geografi menjadi
pelajaran yang menarik minat siswa.
Salah satu media
pembelajaran geografi yang dapat digunakan sebagai alternatif media
pembelajaran adalah media solar sistem. Media solar sistem adalah tiruan atau
alat peraga tiga dimensional dari sistem tata surya, yang terlalu besar,
terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang, atau terlalu ruwet
untuk di bawa ke dalam kelas dan dipelajari siswa dalam wujud aslinya. Guru
mengajak siswa ke tempat yang sudah ditentukan. Setelah itu guru bersamaan
dengan siswa memperagakan media solar sistem untuk melihat, mengamati dan
memperagakan media tersebut. Kemudian siswa diberi tugas per kelompok untuk
mencatat fenomena-fenomena yang dijelaskan oleh guru selama kegiatan belajar
mengajar berlangsung.
Berdasarkan hasil
penelitian pada kelompok eksperimen dalam pembelajaran geografi digunakan media
solar sitem, Hasil uji t menunjukkan bahwa pada penggunaan media solar sistem
memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar geografi
dibandingkan dengan penggunaan media grafis pada kelompok kontrol. Hal ini
ditunjukkan oleh harga thitung untuk hasil post test I diperoleh hasil thitung = 1,75
lebih besar jika dibandingkan ttabel = 1,66, pada hasil uji t
untuk hasil post test II diperoleh hasil thitung sebesar 3,03 dan hasil
test sumatif diperoleh hasil thitung sebesar 6,58 hal ini berarti Ho
ditolak. Ditolaknya Ho berarti diterimanya Ha, maka secara statistik hipotesis
penelitian yang berbunyi ada perbedaan hasil belajar geografi antara media
solar sistem dengan media grafis pada siswa kelas 1 semester 1 SMA Negeri 1
Cepiring Kabupaten Kendal Tahun 2010 diterima.
Penggunaan media
solar sistem ternyata menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan
media grafis yang selama ini digunakan oleh sebagian bersar guru geografi,
artinya siswa yang mengikuti pelajaran dengan penyajian media solar sistem
memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan dengan media grafis pada hasil
belajar pelajaran geografi pada siswa kelas 1 semester 1 SMA Negeri 1 Cepiring
Kabupaten Kendal Tahun 2010. Hal ini dikarenakan keberhasilan pada pembelajaran
dengan media solar sistem memberikan
berpikir kepada siswa untuk mengaitkan materi yang diberikan oleh guru dengan
pengalaman-pengalaman dalam kehidupan nyata di lapangan karena dengan media solar
system siswa diajak mempraktekkan secara
langsung materi dengan keadaan yang sebenarnya melalui alat peraga. Dalam
pembelajaran dengan media solar sistem sebenarnya dapat dijalankan dengan
mudah, langkah-langkah dapat dikembangkan dalam pembelajaran dengan media solar
sistem.
Dari uraian di
atas dapat disimpukan bahwa pembelajaran dengan media solar sistem akan bisa
membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran geografi dibandingkan
dengan penggunaan media grafis jika setiap siswa dapat mengkaitkan materi
pelajaran geografi khususnya pada standar kompetensi sejarah pembentukan bumi kelas X SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten
Kendal Tahun 2010.
Demikian pula aktivitas siswa yang ada, berdasarkan hasil observasi
diperoleh hasil bahwa aktivitas siswa pada pembelajaran dengan media solar
sistem, siswa lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran
dengan media grafis. Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dapat
dilihat keaktifan siswa dalam merespon materi-materi yang diberikan oleh guru.
Sedangkan pada pembelajaran dengan media grafis sebagian besar siswa hanya
mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru.
Untuk
selengkapnya, silahkan download skripsi tersebut disini.
2 komentar:
Terimakasih. Untuk penelitian tentang gizi buruk sementara belum ada mas :D
Post a Comment