Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Siswa terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun 2009/2010
Muhammad
Haris. 2011. Pengaruh Latar Belakang Ekonomi
Siswa terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring
Kabupaten Kendal Tahun 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal
oleh anak dan dalam keluarga ini dapat ditanamkan sikap-sikap yang dapat
mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Keluarga bertanggung jawab
menyediakan dana untuk kebutuhan pendidikan anak. Keluarga yang latar belakang
ekonominya tinggi tidak akan banyak mengalami kesulitan dalam memenuhi
kebutuhan sekolah anak, berbeda dengan orang tua yang latar belakang ekonominya
rendah.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
bagaimakah gambaran tentang keadaan ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA N 1
Cepiring Kabupaten Kendal, bagaimanakah pengaruhnya latar belakang ekonomi
orang tua siswa yang berbeda terhadap prestasi belajar Geografi dan seberapa
besar pengaruh latar belakang ekonomi siswa terhadap prestasi belajar Geografi.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui
bagaimanakah latar belakang ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring dan
pengaruhnya terhadap prestasi belajar Geografi dan untuk mengetahui besarnya
pengaruh latar belakang ekonomi orang tua siswa yang berbeda terhadap prestasi
belajar Geografi.
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring
tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari dari 2 kelas dengan jumlah 67 orang
tua siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 67 siswa dan teknik
pengambilan sampelnya menggunakan Teknik
Random Sampling, Variabel dalam penelitian ini terdiri dari satu
variabel bebas (latar belakang ekonomi siswa) dan satu variabel terikat
(Prestasi belajar geografi). Metode pengambilan data digunakan metode angket
dan metode dokumentasi.
Berdasarkan
hasil penelitian diketahui 68,66% responden memiliki latar belakang ekonomi
orang tua yang tergolong kurang baik. Pengaruh latar belakang ekonomi orang tua
siswa kelas XI SMA N 1 Cepiring terhadap prestasi belajar geografi sebesar
sebesar 40,09%.
Saran yang dapat diberikan yaitu karena adanya hubungan
antara latar belakang ekonomi orang tua dengan prestasi belajar anaknya, maka bagi
orang tua yang latar belakang ekonominya rendah atau kurang mampu dalam hal ini
tingkat pendapatannya agar berusaha untuk meningkatkan pendapatannya dengan
mencari pekerjaan tambahan. Bagi siswa yang berprestasi dan orang tuanya kurang
mampu diharapkan sekolah dapat memberikan beasiswa atau program orang tua asuh
atau orang tua angkat yang bersedia membantu memenuhi biaya pendidikannya.
Kata Kunci: Pengaruh, Latar Belakang Ekonomi, Prestasi Belajar Geografi
Kata Kunci: Pengaruh, Latar Belakang Ekonomi, Prestasi Belajar Geografi
Untuk selengkapnya, silahkan download skripsi tersebut
disini.
0 komentar:
Post a Comment