Download: Buku Geografi SMA Kelas XII BSE


Buku teks memiliki peranan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, khususnya pada satuan pendidikan dasar dan menengah. Atas dasar pemikiran tersebut, pemerintah telah menetapkan kebijakan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 yang mengatur tentang berbagai hal yang berkaitan dengan buku teks pelajaran. Buku yang baik dalam arti layak, tidak hanya mengacu pada standar isi dari kurikulum yang berlaku, akan tetapi harus memiliki penyajian yang baik dan menarik, bahasa yang benar dan mudah dimengerti serta penggunaan tipografi yang tepat. Karena itu,buku Geografi ini disusun berdasarkan standarisi Kurikulum yang berlaku dan standar acuan penulisan buku teks yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 

Buku Memahami Geografi SMA/MA untuk Kelas XII Program Ilmu Pengetahuan Sosial ini terdiri atas empat bab, yaitu mengenai Teknik Dasar Pemetaan,Analisis Lokasi Industri dan Pertanian Melalui Peta, Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografi, Pola Keruangan Desa dan Kota, Konsep Wilayah dan Pusat Pertumbuhan, dan Wilayah Negara Maju dan Berkembang. Penyajian materi buku ini, tidak terlalu memberikan penekanan yang berlebihan pada pengetahuan, melainkan mengajak siswa untuk melihat contoh dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkannya dalam proses tersebut secara aktif. 

Penggunaan gaya bahasa yang baik dan mudah dimengerti sangat diutamakan, sehingga hasil belajar siswa akan lebih bermakna. Media gambar diberikan agar lebih menarik dan kontekstual. Setiap bab dilengkapi tugas mandiri dan kelompok dalam rangka memupuk nilai-nilai (apektif) dan keterampilan (psikomotor) pribadi siswa serta kerja samanya dalam kelompok. Adapun untuk mengukur keberhasilan belajar siswa (kognitif), akan dievaluasi melalui tes formatif atau latihan dan refleksi. Pengenalan terhadap obyek geografi ditekankan pada pengamatan lingkungan sekitar. 

Semoga buku ini dapat dijadikan media belajar yang sesuai dengan standarnasional pendidikan yangbertujuan: untuk meningkatkan mutu pendidikan, melindungi pesertadidik dari buku buku yang tidak bermutu, meningkatkan minat dan kegemaran membaca, serta meningkatkan mutu  perbukuan nasional, baik produk yang dihasilkan, proses, maupun sumber daya manusianya. Untuk memperoleh buku ini dapat diunduh disini

Sumber: B.S.E Depdiknas 


Posting Terkait:
Download Buku Bahasa Indoensia Kelas X SMK
Download Buku Geografi SMA Kelas X BSE
Download Buku Geografi SMA Kelas XI BSE

0 komentar:

Post a Comment