Negara Somalia


Lokasi
Somalia negara republik sosialis di Afrika timur laut, berbatasan dengan Teluk Aden (utara), Samudera Hindia (timur dan selatan), serta Kenya, Ethiopia dan Djibouti (barat).

Penduduk
Mayoritas penduduk Somalia adalah suku Somali (mencapai 98,3%). Orang Somali adalah keturunan oran Kushit Timur. Suku ini terbagi dalam sejumlah kelompok, diantaranya Dir, Isaq, Hawiye, Darod, Digil dan Rahanwin. Kelompok-kelompok ini terbagi lagi dalam sejumlah kelompok lain yang lebih kecil. Penduduk lainnya adalah orang Arab (1,2%), Bantu (0,4%), lain-lain (0,1%). Bangsa asing yang tinggal di negeri ini adalah orang Eropa (terutama Italia), Pakistan dan India.

Penduduk Somalia lebih banyak menghuni daerah selatan. Dua pertiga penduduk tinggal di pedesaan. Di antara daerah perkotaan, kota yang paling padat penduduknya adalah Mogadishu (700.000; 1986). Kota-kota padat lainnya adalah Hargeysa, Kismaayo, Berbera dan Marca.

Status Politik atau Sejarah
Pada tahun 1979 disahkan undang-undang dasar baru, yang antara lain menetapkan bahwa Somalia merupakan negara sosialis. Satu-satunya partai yang diperbolehkan di negara ini adalah Partai Sosialis Revolusioner Somalia (Somali Socialist Revolutionary Party). Kepala negara adalah presiden, dan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri yang mengepalai Dewan Menteri yang anggotanya ditunjuk oleh pemimpin partai. Presiden merangkap sebagai sekretaris jenderal partai. Badan legislatif terdiri dari majelis tunggal beranggotakan 177 orang yang sebelumnya telah disetujui para pemimpin partai. Secara administratif, Somalia terbagi dalam 16 wilayah, yang terbagi lagi dalam 78 distrik.

Orang Somali percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari Arab, yang datang ke Afrika melintasi Teluk Aden sekitar abad ke-7. Wilayah ini didatangi orang-orang Eropa pada akhir tahun 1800-an. Kawasan ini terbagi dua: bagian utara merupakan jajahan Inggris dan bagian selatan adalah jajahan Italia. Kedua bagian merdeka pada tahun 1960 dan bergabung menjadi satu.

Lingkungan Alam
Wilayah Somalia mencakup bagian terbesar Jazirah Somalia. Secara umum keadaan tanahnya tandus, kecuali di lembah-lembah sungai yang airnya tidak kering sepanjang tahun. Di bagian tengah yang luas terdapat plato rendah yang datar, dibatasi oleh dataran tinggi dan pegunungan. Daerah pegunungan terdapat dibagian utara dan timur laut. Puncak tertinggi adalah Gunung Surud Add (2.408 m). Wilayah Somalia berada pada zona tropis dan subtropis. Negeri beriklim panas, terutama didaerah utara.

Tipe Ekonomi
Walaupun terdapat sejumlah perusahaan swasta, perekonomian Somalia dikendalikan secara sentral dan perusahaan-perusahaan milik negara memegang peranan utama. Nasionalisasi sejumlah perusahaan asing dilakukan pada tahun 1970. Pada tahun 1970-an, Somalian mengalami kesulitan ekonomi akibat kemarau panjang dan keberadaan ribuan pengungsi dari Ethiopia. Keadaan tanah yang tandus, curah hujan yang sedikit, sumber alam yang terbatas, dan cara-cara berproduksi yang tradisional merupakan hal-hal yang antara lain menyebabkan perekonomian Somalia tidak dapat berkembang dengan baik. Walaupun sejumlah kemajuan ekonomi diperoleh sejak tahun 1950, namun hingga kini Somalia tetap tidak dapat melepaskan diri dari bantuan-bantuan negara lain, terutama Amerika Serikat dan Italia.

Potensi-potensi
Sektor pertanian khususnya peternakan merupakan tulang punggung ekonomi Somalia. Sektor ini menyerap 82 persen tenaga kerja. Ladang penggembalaan mencapai 65,2 persen dari seluruh luas Somalia. Jenis bahan tambang yang terdapat di Somalia antara lain minyak bumi, bijih besi, gips, mangan dan uranium. Bahan mineral lainnya adalah garam, batuan gamping, dan pasir.

Permasalahan Utama
Sistem transportasi belum berkembang dengan baik. Sarana transportasi yang tidak memadai ini merupakan salah satu faktor menghambat kemajuan ekonomi negara. Soamalia juga tidak memiliki jaringan jalan kereta api.

Sumber
Redaksi Ensiklopedi Indonesia Afrika Seri Geografi. 1990. Afrika. Jakarta. PT Intermasa

Artikel Terkait:
Profil Negara Tanzania
Profil Negara Uganda
Profil Negara Bangladesh
Kawasan Afrika Timur

0 komentar:

Post a Comment