Sejarah Singkat Negara Bahrain

Tahun 3200-200 Sebelum Masehi (SM) merupakan masa Dilmun Formatif yang mana pertama disebutkan dalam prasasti Mesopotamia. Tahun 2200-1600 SM merupakan awal Dilmun yang mana merupakan masa kejayaan dan kemakmuran dan pengaruhnya sangat luas.

Tahun 1600-1000 SM merupakan masa pertengahan Dilmun yang mana Mesopotamia berada dibawah pemerintahan Kassite. Adapun akhir masa Dilmun yakni pada tahun 1000-330 SM, yang mana terjadi penurunan perdagangan tembaga dan beralih ke perdagangan rempah-rempah dan dupa.

Tahun 1500 Masehi (M) Portugis merebut Bahrain sebagai sebuah pos perdagangan untuk melindungi monopoli mereka atas perdagangan rempah-rempah. Selanjutnya tahun 1604-1782, terjadi pendudukan periodik oleh Bahrain setelah Portugis digulingkan. Kemudian pada tahun 1783 keluarga Al-Khalifa merebut kekuasaan atas semua kelompok dan suku-suku lain. Tahun 1880 Bahrain menjadi protektorat Inggris.

Bahrain memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1971. Kemudian tahun 1973-1975 konstitusi baru membentuk Majelis Konstituante, namun penguasa berikutnya menghapusnya. Pada tahun 1990 Bahrain terjadi sengketa teritorial dengan Qatar. Bahrain mengambil langkah-langkah agresif untuk menghidupkan kembali dan diversifikasi ekonomi.

Tahun 1991 Bahrain berpartisipasi dalam Operasi Badai Gurun sebagai bagian dari Dewan Kerjasama Teluk (GCC). Bahrain juga menandatangani perjanjian kerjasama pertahanan dengan Amerika Serikat. Tahun 1996 terjadi kudeta petak yang mana disinyalir merupakan kelompok yang didukung Iran, yakni Hizbullah. Bahrain kemudian memperingatkan duta besarnya untuk Iran.

Tahun 1998 Bahrain menyediakan fasilitas militer untuk Operation Desert Fox AS dan pemboman kampanye Inggris terhadap Irak. Emir Bahrain mengunjungi Qatar untuk menyelesaikan sengketa. Tahun 2000 Emir berjanji untuk mengembalikan parlemen yang dipilih secara demokratis setelah vakum selama 25 tahun. Emir juga membebaskan lebih dari 900 tahanan politik dan orang-orang buangan.

Referensi:
Gillespie C.A., 2002, Modern World Nations-Bahrain, New York, Chealse House Publishers

Artikel Terkait:
Profil Negara Belgia
Profil Negara Kenya
Sejarah Singkat Negara Afghanistan

1 komentar:

stefani christine said...

Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma Cuma
Hanya Di SumoQQ(dot)Com
Real Website Real Player, Real Winner
Silahkan Buktikan dan Bergabung Bersana kami
Dan Raih Bonus Extra Jumbo :
- Bonus Extra Jumbo Rollingan
- Bonus Refferal Seumur Hidup
CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
Kartu Bagus (Easy To Winn)
Support 6 Bank Local
Minimal Deposit & Withdraw 15Rb
Jangan Mikir Lagi Bos !!
Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
Jangan Sia2 Kan Kesempatan Yang Ada bos !!
Ingat Bahwa Kemenangan Ada Di Pilihan Anda.
Jadi Jangan Sampai Salah Pilih Situs
Ingin Jadi Jutawan SumoQQ(dot)com Solusimya !!
Hub kami Untuk Info Lebih Lanjut :
Skype : SumoQQ
Fb : SumoQQ
BBM : D8ACD825
Line : SumoQQ
WA : +855 96 497 3259
Link Alternatif :
www(dot)SumoQQ(dot)net
www(dot)SumoQQ(dot)info
www(dot)SumoQQ(dot)org
Join Sekarang !! Kami Tunggu Kehadiran Para Calon Jutawan

Post a Comment