Tips Hidup Sehat Saat Bekerja di Kantor

Bekerja di kantor merupakan suatu pekerjaan yang sangat menyenangkan, ditambah dengan ruang kerja yang nyaman. Tanpa banyak mengeluarkan tenaga kita bisa memperoleh gaji yang tinggi. Namun, hal itu justru akan menimbulkan kejenuhan dan mudah terserang penyakit apabila tidak diimbangi dengan hidup sehat dan teratur dalam berolah raga.

Tak heran jika banyak pegawai kantor umumnya terserang penyakit yang aneh-aneh, misalnya kanker, diabetes, serangan jantung, dan lain sebagainya, yang mana umumnya memerlukan biaya pengobatan yang sangat mahal. Beda halnya dengan para petani, meskipun hidupnya sederhana, namun jarang dari mereka yang terkena penyakit aneh-aneh. Hal itu disebabkan karena mereka selalu berolah raga setiap harinya di sawah dan tidak makan makanan yang aneh-aneh.

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi para pegawai kantor, dengan tujuan agar selalu hidup sehat dan teratur sehingga akan terhindar dari beragam penyakit. Berikut tipsnya:

Pertama, apabila dikantor diperbolehkan memakan makanan ringan saat bekerja, usahan selalu membawa makanan ringan yang berupa buah-buahan, dan hindari makanan ringan yang berkalori tinggi.

Kedua, saat bekerja dikantor usahakan anda selalu menjaga mata agar tetap segar. Usahakan beristirahat sejenak jika sudah lebih dari satu jam di depan komputer. Apabila terlalu lama menatap komputer, mata kita akan rusak. Oleh karena itu, ada baiknya kita beristiahat sejenak.

Ketiga, duduk berjam-jam dikantor tentunya tidak banyak gerakan yang kita lakukan, sehingga seringkali hal itu menyebabkan dampak yang buruk bagi tubuh. Oleh karena itu usahakan sesekali gerakkan leher ke kiri dan ke kanan serta ke atas dan ke bawah secara wajar.

Keempat, saat waktu makan siang tiba (jam istirahat kantor), gunakan waktu tersebut untuk menambah gerakan badan. Misalnya saat keluar kantor, usahakan memanfaatkan tangga, bukan lift. Dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju warung makan. Mungkin aktivitas tersebut sedikit melelahkan, namun, paling-tidak dengan menggerakan sedikit badan kita, kita akan menjadi lebih sehat.

Kelima, asup gizi melalui porsi makanan yang seimbang, tentunya makan makanan empat sehat lima sempurna. Hindari makanan yang berkalori tinggi dan minuman yang berkadar gula tinggi. Jangan lupa minum air putih minimal delapan gelas setiap hari, agar tubuh kita selalu fit dan sehat.

Keenam, usahakan mencuci tangan sebelum makan dan jangan lupa untuk berdo’a sebelum makan. Jangan lupa gosok gigi setelah makan dan  menjelang tidur.

Demikian tips hidup sehat saat bekerja di kantor yang bisa saya informasikan kepada anda sekalian. Semoga dari tips ini dapat memberikan pemahaman bagi anda tentang pentingnya hidup sehat, karena sehat itu mahal harganya.

Sumber: Kompas 25 Maret 2013

0 komentar:

Post a Comment